Belanda mengembalikan 1.500 artefak ke Indonesia yang di jarah selama penjajahan

TOPIKTERKINI.COM – YOGYAKARTA: Belanda telah mengembalikan 1.500 artefak ke Indonesia, bekas koloni Belanda, meskipun puluhan ribu barang masih ada di galeri, perpustakaan, dan museum.

Kembalinya mereka mengikuti penutupan Museum Nusantara, Delft, yang menyimpannya hingga 2013.

Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, mengutip media lokal, tweeted bahwa koleksi akan dipajang untuk umum pada bulan Juni.

“Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah, dan kami berharap di masa depan akan ada lebih banyak peluang untuk repatriasi,” Hilmar Farid, direktur jenderal kebudayaan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengatakan kepada wartawan ketika koleksi itu secara resmi diterima oleh Museum Nasional di Jakarta pada 2 Januari.

BACA JUGA: Ditinggal ke Sawah, Rumah Anggota BPD Desa Barana Hangus dilalap Api

Tetapi seorang sarjana mengatakan bahwa Indonesia perlu meningkatkan kesiapannya untuk menerima artefak.

“Pola pikirnya bukan bagaimana mendapatkan lebih banyak koleksi kembali, tetapi bagaimana menyediakan penyimpanan yang tepat untuk menjaga mereka tetap aman,” Zakariya Aminullah, dosen Universitas Gadjah Mada, mengatakan kepada Arab News. “Belanda memiliki konsep koleksi khusus untuk melindungi manuskrip dan artefak lainnya dengan hati-hati. Inilah yang harus dipikirkan oleh pemerintah, cendekiawan, dan kurator. ”

Belanda telah mengembalikan artefak Indonesia selama beberapa dekade terakhir. Beberapa benda paling penting, seperti naskah Nagarakertagama, patung Prajna Paramita, dan barang-barang pribadi Pangeran Diponegoro, sudah kembali ke tempat asalnya dan dipajang di Museum Nasional.

Tetapi koleksi Indonesia yang paling berharga tetap berada di luar negeri. Salah satunya adalah seperangkat perhiasan dari Istana Cakranegara di Lombok yang dipajang di Museum Volkenkunde Leiden.

BACA JUGA: Gunung berapi kecil mengeluarkan asap dan abu, penduduk desa melarikan diri

Perhiasan-perhiasan itu dijarah dari istana selama “tindakan hukuman” 1894 oleh otoritas kolonial Belanda, yang mengambil 230 kilo emas, 7.299 kilo perak, tiga kasus permata, dan 400 naskah kuno.

Koleksi lain – 20.000 benda tekstil Indonesia – disimpan di Tropenmuseum Amsterdam.

Ribuan artefak sejarah dan budaya, termasuk patung kuno, relief, prasasti, tanda kerajaan, persenjataan, pakaian, perhiasan, dan manuskrip, berakhir di Belanda selama masa pemerintahan kolonial Belanda.

Aliran dimulai pada 1596, ketika kapal Belanda pertama yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman mendarat di Jawa untuk menemukan rempah-rempah. Pada 1800, setelah hampir 200 tahun memainkan peran politik di kawasan itu, Belanda mendirikan Hindia Belanda. Itu berlangsung sampai 1945, ketika Indonesia menyatakan kemerdekaan.

Sebelum 1.500 artefak yang baru kembali ke rumah, para sarjana Indonesia dan media Belanda berspekulasi bahwa di antara mereka bisa menjadi tengkorak Demang Lehman, seorang komandan militer abad ke-19 yang berperang melawan kekuasaan kolonial. Kepalanya dibawa ke Belanda dan tetap di koleksi di Museum Anatomisch, Leiden.

Sejak 2009, pemerintah Banjarmasin dan keturunan prajurit telah berusaha untuk memulangkan tengkoraknya untuk mengadakan upacara pemakaman Islam untuknya.

BACA JUGA: Harapkan kedamaian dan keamanan, Ratusan ribu Muslim di Bangladesh Berdo’a bersama pada Kongres muslim sedunia

Sementara pemerintah Indonesia merayakan kepulangan beberapa warisan negara, tampaknya orang-orang Banjarmasin harus menunggu untuk membayar upeti terakhir kepada pahlawan yang mewakili perjuangan mereka melawan kekuasaan kolonial. (AN)

Editor: Usman S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *