Gunung berapi kecil mengeluarkan asap dan abu, penduduk desa melarikan diri

TOPIKTERKINI.COM  – MANILA: Sebuah gunung berapi kecil di Filipina yang menarik banyak wisatawan karena lokasinya yang indah di tengah danau yang menyemburkan uap, abu, dan batu-batu kecil hari Minggu, mendorong penduduk untuk melarikan diri dari desa-desa dan pihak berwenang terdekat untuk meningkatkan tingkat bahaya.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina mengatakan Gunung berapi Taal di provinsi Batangas selatan Manila meledakkan uap dan abu hingga 1 kilometer (sekitar setengah mil) ke langit di tengah tanda-tanda keresahannya yang tumbuh dalam beberapa bulan terakhir.

BACA JUGA: Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Takalar

Tidak ada laporan langsung tentang cedera atau wisatawan yang terdampar di desa-desa yang terkena dampak yang sering dikunjungi oleh pengunjung asing dan lokal. Hujan deras di daerah-daerah terpencil mendorong pihak berwenang untuk menyarankan warga untuk mengenakan topeng.

Pihak berwenang juga telah merekam segerombolan gempa bumi, beberapa dari mereka merasa dengan suara gemuruh, dan sedikit inflasi dari bangunan gunung berapi, kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan.

Lembaga ini menaikkan tingkat bahaya di sekitar Taal dua tingkat pada hari Minggu ke Level 3, yang mengindikasikan “intrusi magmatik yang kemungkinan mendorong aktivitas saat ini.” Level 5, yang tertinggi, mengindikasikan letusan yang sedang berlangsung.

Lembaga itu memperingatkan masyarakat untuk menjauh dari pulau kecil di tengah danau tempat gunung berapi itu berada dan meminta komunitas pesisir terdekat “untuk mengambil tindakan pencegahan dan waspada terhadap kemungkinan gangguan air danau terkait kerusuhan yang sedang berlangsung.”

BACA JUGA: Ditinggal ke Sawah, Rumah Anggota BPD Desa Barana Hangus dilalap Api

Taal, salah satu gunung berapi terkecil di dunia, adalah di antara sekitar dua lusin gunung berapi aktif di Filipina, yang terletak di “Lingkaran Api” Pasifik, yang disebut wilayah seismik aktif yang rawan gempa bumi dan letusan gunung berapi. (AN)

Editor: Usman S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *