oleh

Hampir setengah dari spesies kupu-kupu Singapura punah

TOPIKTERKINI.COM – SINGAPURA: Hampir setengah dari spesies kupu-kupu asli Singapura telah menghilang selama 160 tahun terakhir, dengan hilangnya tanaman spesifik dan deforestasi menjadi pendorong utama kepunahan lokal.

Dari 236 spesies kupu-kupu yang dianggap punah secara lokal, 132 adalah spesies yang dikenal seperti dragontail hijau dan kupu-kupu macan cokelat. Ada 413 spesies kupu-kupu asli di Singapura.

BACA JUGA: Belanda mengembalikan 1.500 artefak ke Indonesia yang di jarah selama penjajahan

104 lainnya adalah spesies yang kemungkinan telah punah sebelum mereka ditemukan, kata para ilmuwan, yang penelitiannya diterbitkan pada hari Jumat di jurnal ilmiah Biological Conservation.

Kata para penulis, yang berasal dari lembaga-lembaga seperti National University of Singapore (NUS), kelompok lingkungan BirdLife International dan London Natural History Museum: “Kami menganggap perkiraan tinggi kami tentang pemusnahan yang tidak terdeteksi (kepunahan lokal) secara biologis masuk akal, karena cepat hilangnya hutan akan memusnahkan banyak spesies kupu-kupu, khususnya spesialis hutan primer. ”

Associate NUS, Profesor Ryan Chisholm, yang terlibat dalam penelitian ini, mengatakan itu juga menunjukkan spesies kupu-kupu lebih mungkin telah punah jika tanaman inangnya digolongkan langka atau punah secara lokal saat ini.

Dr Anuj Jain, ahli ekologi dari BirdLife International, mengatakan bahwa pada tahun 1850-an, catatan spesies kupu-kupu di Singapura buruk.

BACA JUGA: Pebalap Portugal Paulo Goncalves tewas setelah kecelakaan di Arab saudi

Dia berkata: “Banyak spesies masih ada pada waktu itu tetapi tidak ditemukan selama 50 atau 100 tahun lagi. Karena banyak kepunahan lokal juga dicatat selama periode ini, kita dapat menyimpulkan bahwa beberapa spesies telah punah sebelum mereka ditemukan.”

Akuntansi untuk kepunahan yang tidak terdeteksi ini penting untuk memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang bagaimana aktivitas manusia berdampak pada keanekaragaman kupu-kupu di Singapura, ia menambahkan.

Para ilmuwan pertama menyusun daftar spesies kupu-kupu di Singapura dan memverifikasi catatan awal dengan spesimen museum.

Setiap spesies dinilai kemampuan deteksi dan kerentanannya terhadap kepunahan lokal, menggunakan ciri-ciri seperti lebar sayap, keunikan dari jenis habitat yang menjadi sandarannya, dan seberapa banyak tanaman inangnya, di antaranya.

Kemudian, para ilmuwan memasukkan data, seperti catatan tanggal pertama dan terakhir dari sekelompok spesies, ke dalam model statistik. Hasilnya memperkirakan bahwa 104 spesies bisa punah sebelum mereka ditemukan.

BACA JUGA: Deretan Pesawat yang dijatuhkan oleh rudal sejak 1973

Ini di atas dari 132 spesies yang punah di Singapura. Secara keseluruhan, perkiraan total tingkat kepunahan lokal adalah 46%. – The Straits Times / Asian News Network

Editor: Usman S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed