oleh

Disdik Soppeng Gelar Pelatihan dan Pendidikan Bahasa Budaya Bugis

Dilaporkan : Jufri

TOPIKterkini.com – SOPPENG :Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Soppeng bekerjasama dengan Yayasan Sulapa Eppa’ Sulawesi Selatan dibawah Binaan Bapak.Dr.H.Ajiep Padendang, SE., MM (Anggota DPD-MPR RI). Menggelar pelatihan dan perekrutan peserta pendidikan bahasa bugis dalam wadah sekolah budaya bugis Latemmamala Kaupaten Soppeng di aula dinas pendidikan Kabupaten Soppeng (25/1/2020).

Gerakan kerjasama ini sebagai salah satu inovasi dalam rangka pemertahanan bahasa dan budaya lokal bugis sebagai bentuk penguatan karakter berbasis nilai-nilai kearifan lokal. Pergerakan pendidikan di Kabupaten Soppeng dalam upaya pemajuan budaya Sulawesi Selatan melalui pembelajaran budaya bugis dengan model Pendidikan Non Formal ini sehingga bisa terbinanya dan lestarinya budaya lokal untuk pemajuan budaya Indonesia.’

Pembukaan pelatihan dan pendidikan bahasa dan budaya bugis SBB Latemmamala Soppeng Angkt.V Tahun 2020 ini, dibuka dengan resmi oleh Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Soppeng, Drs H.Aziz Makmur, M.Pd. Dalam sambutannya menghimbau kepada peserta melalui kegiatan ini dapat menggarap dan menggali sejarah lokal yang ada di daerahnya masing-masing. Karena sejarah budaya lokal memiliki peran penting untuk menumbuhkan kesadaran sejarah peserta didik  dan memahami kenyataan historis kampungnya atau bangsanya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Soppeng juga menekankan terkait penggunaan bahasa daerah bugis maka dari itu sangat perlu ada pembinaan dan pengembangan bahasa bugis melihat pemakaian bahasa bugis masih memperlihatkan intensitas yang cukup tinggi.

Kepala Sekolah Budaya Bugis Latemmamala Soppeng Dr. Karim, M.Pd menyampaikan teknis dan Progran kurikulum yang akan diterapkan di SBB Latemmamala Soppeng. Peserta yang dilibatkan dalam kegiatan pendidikan dan pelatihan budaya bugis ini adalah guru-guru yang diutus oleh masing-masing utusan dari 8 Kecamatan yang ada di Kabupaten Soppeng yang berjumlah 40 orang.

Ditambahkan A.Rahman salah satu anre guru di SBB Latemmamamala mengatakan bahwa stelah peserta sudah menempuh masa pendidikan pada SBB Latemmamala Kabupaten Soppeng, maka diharapkan pada lulusan/alumni nanti ini agar bisa menerapkan nilai nilai budaya pada peserta anak didik di sekolah sebagai sasaran utama, ungkapnya.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed