oleh

Bantuan Bahan Pangan di Jarah di daerah yang dikuasai milisi Houthi Yaman

TOPIKTERKINI.COM – CAIRO: Badan pangan PBB mengatakan Selasa bahwa salah satu gudang di bagian Yaman yang dikuasai Houthi telah dijarah.

Pernyataan Program Pangan Dunia menggambarkan pelakunya hanya sebagai “milisi” dan lebih dari 115.000 kilogram bantuan dicuri di provinsi Hajja utara.

Namun, seorang pekerja bantuan senior mengatakan, anggota milisi Houthi berada di balik penjarahan itu. Pekerja itu berbicara dengan syarat anonim karena takut akan pembalasan.

BACA JUGA: 11 Tewas saat Gerilyawan Taliban Menyerang Markas Polisi Afghanistan

Jutaan orang Yaman hidup hanya selangkah dari kelaparan dan mengandalkan bantuan makanan.

WFP memulai penangguhan sebagian bantuan pangan ke daerah-daerah Yaman yang dikuasai pemberontak Houthi Juni lalu, di tengah tuduhan mereka mengalihkan bantuan dari orang-orang yang paling lapar di negara yang dilanda perang itu. Keluarga Houthi membantah tuduhan itu.

Pengiriman bantuan dilanjutkan pada bulan Agustus.

WFP menyediakan bantuan makanan untuk 12 juta orang setiap bulan.

Badan itu berbicara berulang kali tahun lalu tentang pengalihan bantuan di tangan Houthis dan menuduh mereka menghalangi operasinya.

BACA JUGA: Pasukan Keamanan Afghanistan Gagal Mencapai Lokasi Jatuhnya Pesawat Militer AS

Pemberontak Houthi yang didukung Iran telah berperang dengan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional sejak 2014, ketika Houthi menguasai ibukota, Sanaa. (AN)

Editor: Usman S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed