oleh

Personil Koramil Mangkutana Gelar Apel Mingguan ke IV dan Ikuti Materi Aplikasi Long Malap

TOPIKterkini.com, LUWU TIMUR – Wakili Komando Koramil (Danramil) 14/Mangkutana, Distrik Militer (Kodim) 1403/SWG, Serma Arianto Lempanga mengambil apel mingguan ke IV dn berikan Materi aplikasi Long Malap

bersama dengan para Personil Koramil Mangkutana yang bertugas di wilayah teritorial Koramil 14 Mangkutana. Apel tersebut digelar di depan rujab Perwira Penghubung (Pabung), Kecamatan Malili, Luwu Timur, Kamis (30/1/2020) pukul 80.00 wita.

Apel ini sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan aparat komando kewilayahan di tingkat Koramil.

“Khusunya, para Babinsa sebagai pelaksana Binter di tingkat Desa. Dimana, Babinsa merupakan ujung tombak dan oran dalam barisan TNI AD yang langsung turun di tengah-tengah masyarakat, manakala masyarakat membutuhkan,” ujar Serma Arianto.

Usai apel di lanjutkan dengan Materi aplikasi Long Malap.

Sitemat terpisah, Komand Koramil 14 Mangkutana, Kapten Kav. Mujahid mengatakan pelajaran long malap yang disampaikan ada berbagai macam materi yang dibekalkan antara lain materi menilai korban patah tulang tutup dan terbuka, keracunan gas.

“Materi selanjutnya praktek menolong korban, setelah korban mendapat pertolongan pertama, langkah selanjutnya korban dapat di gotong atau digendong dengan menggunakan metoda 3 (tiga) orang dengan benar, cara mengusung ini digunakan apabila kita hanya bertiga dan Bisa juga metoda lebih dari 3 orang,” ujar Danramil.

Diharapkan, lanjut Danrmil setiap anggota harus mampu menguasai materi ini,agar dapat memberikan bantuan dengan cepat dan tepat,sehingga sikorban dapat bertahan sampai ketempat pertolongan selanjutnya baik di Puskesmas maupun rumah sakit terdekat.

Kemampuan ini harus benar-benar di dimiliki oleh setiap prajurit Kodim  1403/SWG dalam menghadapi dan mendukung tugas-tugas kemanusiaan.

 

Laporan/Editor : Suhardi

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed