Polisi India menangkap lebih dari 500 orang karena kekerasan di India

TOPIKTERKINI.COM – NEW DELHI: Polisi India telah menangkap 514 orang karena kekerasan mematikan antara Hindu-Muslim yang meletus di ibu kota, kata pemerintah, saat menghadapi meningkatnya kecaman internasional karena gagal melindungi Muslim minoritas.

Polisi mengatakan jumlah korban dari pertumpahan darah saat ini mencapai 35, tetapi media setempat, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, mengatakan itu kemungkinan akan lebih dari 40 karena tingkat penuh kekerasan yang dimulai pada hari Minggu di daerah padat di timur laut. Delhi menjadi jelas.

Polisi masih mencari saluran air dan rumah-rumah yang dibakar untuk mencari mayat, kata petugas.
Lebih banyak pasukan telah dikerahkan di masjid-masjid di daerah itu untuk sholat Jumat mingguan, kata pemerintah. Tidak ada kekerasan baru sejak Rabu pagi, katanya dalam sebuah pernyataan Kamis malam.

Kekerasan dimulai atas undang-undang kewarganegaraan yang diperkenalkan oleh pemerintah nasionalis Hindu Perdana Menteri Narendra Modi pada bulan Desember yang menyediakan jalan menuju kewarganegaraan India untuk enam kelompok agama dari negara-negara tetangga, tetapi bukan Muslim.

Para kritikus mengatakan undang-undang itu diskriminatif dan berada di atas langkah-langkah lain seperti penarikan otonomi bagi Jammu dan Kashmir yang mayoritas Muslim, yang telah memperdalam keresahan tentang masa depan 200 juta Muslim India.

Namun kritik terhadap pemerintah menyalahkan kekerasan minggu ini pada anggota Partai Bharatiya Janata (BJP) Modi, yang dikalahkan dalam pemilihan umum lokal di Delhi awal bulan ini. BJP membantah tuduhan itu.

Pada akhirnya, kekerasan berubah menjadi pertempuran jalanan antara kelompok Hindu dan Muslim dengan polisi sebagian besar tidak efektif dalam mengendalikan situasi.

Organisasi Negara-negara Islam (OKI) mengutuk kekerasan terhadap Muslim di India dan perusakan masjid dan properti milik Muslim.

OKI mengatakan pihak berwenang perlu membawa penghasut dan pelaku kekerasan anti-Muslim ke pengadilan dan memastikan keselamatan dan keamanan semua warga Muslim dan tempat-tempat suci Islam di seluruh negeri.

Calon presiden Demokrat AS Bernie Sanders menuduh Presiden Donald Trump gagal dalam masalah hak asasi manusia setelah dia menolak untuk dikritik New Delhi atas penanganan kerusuhan di ibukota. Trump sedang dalam kunjungan kenegaraan ke India ketika kekerasan meletus.

Editor: Usman S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *