oleh

Ini Pesan Ketua PSI Butur, Mari Menjaga Kualitas Demokrasi Jelang Pilkada Serentak 2020

TOPIKterkini.com – Butur : Tak lama lagi kita akan melaksanakan pilkada serentak, kendati demikian tidak mengherankan hampir semua kalangan tokoh masyarakat, toko pemuda dan mahasiswa sudah ramai memperbincangkan politik.

“Pilkada serentak akan segera dilaksanakaan khususnya di Kabupaten Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra). Ini sudah menjadi wacana dan konsumsi publik, bahkan setiap hari mulai di diskusikan baik disudut kos-kosan, warkop dan diruang yang sering dijadikan tempat pertemuan”

Hal tersebut, diungkapkan oleh Ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Sirwan melalui relis berita yang dikirim pada WhatsApp. Selasa (10/32020).

Itu tercermin dari berbagai media seperti facebook, media online dll. Kalau dicermati lebih jauh, hampir semua postingan di facebook khususnya di Grup Butur Perubahan, sudah berkonten politik. Mari

Sebenarnya kalau menurut teman saya Udun, “postingan yang ada digrub wajar saja. Asal jangan berbaur propaganda yang bisa mengancam perbecahan didalam masyarakat,” kata Sirwan.

Kita sebagai kaum intelektual, mesti bersikap dewasa dalam menangapi berbagai issu yang muncul nantinya. Sebab demokrasi punya peran penting dalam memberikan edukasi politik terhadap masyarakat yang menyebabkan demokrasi tidak memberikan pendidikan politik adalah kepentingan pridadi, kelompok dan golongan, masing-masing kelompok tidak lagi menganggap demokrasi sebagai bagian dari pendidikan politik.

Tetapi mereka mengap demokrasi adalah kontekstasi pertarungan politik yang harus di menangkan, sebab disitu sudah terselip namanya kepentingan. tutur Ketua PSI Butur.

Nah… Kepentingan inilah yang mempengaruhi kualitas demokrasi kita, muncullah isu politik sara, agama, dan parahnya lagi adalah manny politik.

Karena kondisi demikian tidak berbicara pada aspek sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas namun sudah berbicara pada sumberdaya kapital. Artinya siapa yang punya banyak uang maka dialah yang akan terpilih.

Kalau kondisi demokrasi bobrok seperti ini akibatnya semua masyarakat akan dirugikan. Jadi jangan pernah berharap kalau kita tidak sejahtera, kalau tidak ada pembangunan lapangan pekerjaan, kalau korupsi ada dimana-mana. terang Ketua PSI, Sarwin.

Laporan : Jean Arsat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed