Kegiatan Ditunda, Pemprov Kawal Ketat Pemulangan Peserta Ijtima se Asia

TOPIKTERKINI.COM – MAKASSAR: Di tengah polemik kegiatan Ijtima se Asia yang dilaksanakan di Pakkatto, Kabupaten Gowa, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, sejak awal telah mengingatkan untuk ditunda. Dalam beberapa kali koordinasi Forkopimda, telah menghasilkan keputusan untuk meminta panitia menunda kegiatan, sebagai antisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Sayangnya, peserta tetap berdatangan meski sudah ada surat edaran perihal penundaan kegiatan. Wakil Gubernur Sulsel dan Bupati Gowa, sudah membahas terkait sterilisasi, pengawalan tim medis, serta pendekatan untuk memulangkan para peserta Ijtima se-Asia tersebut.

Sejak semalam, Wakil Gubernur juga telah berkomunikasi dengan Kapolda Sulsel, agar dilakukan pengawalan ketat keluar masuk hingga memulangkan peserta Ijtima tersebut.

“Jauh sebelumnya sudah dilakukan upaya penundaan kegiatan, tapi pada hari menjelang pelaksanaan memang sudah ada yang tiba di lokasi. Kami sudah berkoordinasi dengan Kapolda dan Pemda dalam hal ini Bupati Gowa, untuk melakukan pengawalan ketat, sterilisasi hingga pemulangan peserta tanpa interaksi dengan warga sampai di bandara dan pelabuhan pemberangkatan kembali ke daerah masing masing,” jelasnya.

Pengawalan menuju Bandara, Pelabuhan maupun Terminal, lanjut Andi Sudirman, agar peserta dari berbagai daerah diberi pelayanan maksimal. Pemerintah daerah juga telah melibatkan tim kesehatan untuk melakukan pemantauan di lapangan. Upaya penanganan dan pencegahan Covid-19, tetap sesuai prosedur pemerintah dengan mengikuti standar WHO.

Sementara, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, sudah mengkonfirmasi, mereka telah sepakat untuk menunda kegiatan.

“Alhamdulillah sudah disepakati untuk menunda dan tetap dikawal hingga tempat pemberangkatan, baik pelabuhan maupun Bandara Hasanuddin,” ujarnya.

Intinya, kata Adnan, segala upaya penanganan kegiatan untuk meminimalisir dampak, mulai dari fasilitas, akomodasi dan segala kebutuhan lainnya, diupayakan oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan banyak pihak. Pengawalan untuk pemulangan akan dilakukan segera, secara ketat dan bertahap, dengan mempertimbangkan kesiapan angkutan udara, laut dan darat.

Laporan: SAM/Andi Agung Iskandar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *