Mozambik mengakui kehadiran pejuang Daesh untuk pertama kalinya

TOPIKTERKINI.COM – MAPUTO: Mozambik mengakui untuk pertama kalinya kehadiran gerilyawan Daesh di negara itu di tengah meningkatnya serangan di provinsi utara Cabo Delgado yang kaya gas, menurut sebuah pernyataan yang terlihat Jumat.

Pengakuan publik datang hanya beberapa hari setelah polisi melaporkan “pembantaian” dari 52 penduduk desa yang menolak untuk direkrut ke dalam barisan kelompok bayangan yang telah meneror desa-desa dan kota-kota di kawasan itu selama lebih dari dua tahun.

Dewan Nasional untuk Pertahanan dan Keamanan, badan negara yang menasehati Presiden Filipe Nyusi tentang masalah keamanan, menyalahkan serangan ke Daesh.

Dewan itu menganalisis situasi serangan di provinsi Cabo Delgado dan menyimpulkan bahwa serangan itu dilakukan oleh Daesh, sebuah organisasi teroris.

Ini “mengungkapkan bahwa kita sedang berurusan dengan agresi eksternal,” katanya dalam sebuah pernyataan yang dikirim melalui email.

Negara Islam Provinsi Afrika Tengah (ISCAP), yang berafiliasi dengan kelompok Daesh, telah mengklaim beberapa serangan di wilayah itu sejak Juni lalu memposting gambar tentara yang terbunuh dan senjata yang disita.

Dalam beberapa minggu terakhir para pejuang membuka kedok mereka sendiri, secara terbuka menyatakan kampanye mereka untuk membentuk kekhalifahan ekstremis di wilayah yang kaya gas.

Mereka telah meningkatkan serangan mereka, merebut gedung-gedung pemerintah, memblokir jalan-jalan dan untuk sementara waktu mengibarkan bendera ekstrimis hitam-putih mereka di atas kota-kota dan desa-desa di seluruh provinsi.

Tetapi polisi telah menolak untuk mengomentari serangan dan pada kesempatan yang jarang akan melakukannya, menghubungkan serangan itu dengan “penjahat atau penambang ilegal.”

Juru bicara kepolisian Orlando Mudumane minggu ini mengungkapkan bahwa para militan telah memenggal kepala dan menembak 52 warga desa yang terbunuh pada 7 April setelah mereka menolak untuk direkrut.

Serangan di Cabo Delgado dimulai pada 2017 di kota kecil Mocimboa da Praia dan sekarang telah menyebar ke tujuh distrik, atau sekitar sepertiga wilayah provinsi, menurut kepala polisi Bernardino Rafael.

Lebih dari 900 orang telah terbunuh, menurut Proyek Data Lokasi & Peristiwa Konflik Bersenjata (ACLED).
Kerusuhan telah memaksa lebih dari 200.000 penduduk setempat untuk melarikan diri dan mengangkat keprihatinan di antara raksasa energi yang beroperasi di wilayah yang kaya gas.

Secara lokal anggota kelompok dikenal sebagai Al-Shabab, meskipun mereka tidak memiliki hubungan yang dikenal dengan kelompok ekstrimis kejam dari nama yang beroperasi di Somalia. -AN

Laporan: Usmank S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *