oleh

Dinas Lingkungan Hidup Jeneponto Gelar Sosialisasi Pengelolaan Sampah di Desa Bonto Ujung

TOPIKTERKINI.COM-JENEPONTO-Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto menggelar sosialisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat pesisir. Kali ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto bekerjasama dengan Inverst Co-op Indonesia dan Pemerintah Desa Bonto Ujung. (Selasa, 22 Juni 2020).

Dalam sambutannya kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto M. Basuki Baharuddin mengharapkan agara masyarakat Desa Bonto Ujung dapat menjadi contoh masyarakat yang mengedepankan budaya gotong royong.
“Masyarakat Bonto Ujung harus menjadi contoh masyarakat yang mengedepankan gotong royong dalam segala hal, utamanya dalam menjaga lingkungan seperti mengolah sampah menjadi lebih produktif” harapnya.

Proses penyampaian materi sosialisasi sampah di Desa Bonto Ujung.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan LB3 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto Abdul Rahmat selaku yang menjadi narasumber mendorong program 3R (reduse, reuse, recycle) dengan mengembangkan Bank Sampah di setiap desa/kelurahan.
“Sebagai upaya mengurangi sampah dan membuatnya menjadi lebih bernilai ekonomis maka kita perlu membuat bank sampah yang dikelola oleh masyarakat desa dengan mendorong program reduse, reduse dan recyle (3R)” terangnya.

Abdul Rahmat juga menjelaskan bahwa dengan pengelolaan sampah maka dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.
“Bank sampah ini merupakan model kerja kolektof masyarakat untuk menabung sampahnya dengan sistem pencatatan layaknya bank dan ini memiliki nilai ekonomis, sampah yang ditabung dapat dipilah dan dijadikan aneka macam kerajinan tangan seperti tas, dompet, tempat tisu, dan sebagainya, jadi kerajinan tangan ini dapat dijual dan tentu menghasilkan tambahan uang”, terang Abdul Rahmat yang juga merupakan Ketua Umum AMPI Jeneponto ini.

Turut hadir dalam acara tersebut camat Taroang H. Abdul Rahman Nara, Kepala Desa Banto Ujung, BPD Desa Bonto Ujung dan beberapa elemen masyarakat lainnya.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.(***) 

Komentar

News Feed