WHO melihat hasil pertama dari uji coba obat COVID dalam dua minggu

TOPIKTERKINI.COM – LONDON: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) harus segera mendapatkan hasil dari uji klinis yang dilakukan obat-obatan yang mungkin efektif dalam mengobati pasien COVID-19, Direktur Jenderalnya Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada hari Jumat.

“Hampir 5.500 pasien di 39 negara sejauh ini telah direkrut ke dalam persidangan Solidaritas,” katanya dalam jumpa pers, merujuk pada studi klinis yang sedang dilakukan badan PBB.
“Kami mengharapkan hasil sementara dalam dua minggu ke depan.”

BACA JUGA: Menteri luar negeri Pakistan dinyatakan positif COVID-19

Uji Solidaritas dimulai dalam lima bagian dengan melihat kemungkinan pendekatan pengobatan untuk COVID-19: perawatan standar; remdesivir; obat anti-malaria yang dipuji oleh Presiden AS Donald Trump, hydroxychloroquine; obat HIV lopinavir / ritonavir; dan lopanivir / ritonavir dikombinasikan dengan interferon.

Awal bulan ini, mereka menghentikan uji coba hydroxychloroquine, setelah penelitian menunjukkan tidak menunjukkan manfaat pada mereka yang memiliki penyakit, tetapi masih banyak pekerjaan yang masih diperlukan untuk melihat apakah itu mungkin efektif sebagai obat pencegahan.

BACA JUGA: Pengantin pria meninggal, 111 tamu dinyatakan positif COVID-19 setelah acara pernikahan

Mike Ryan, kepala program kedaruratan WHO, mengatakan tidak bijaksana untuk memprediksi kapan vaksin bisa siap melawan COVID-19, penyakit pernapasan yang disebabkan oleh coronavirus baru yang telah menewaskan lebih dari setengah juta orang.

Sementara seorang kandidat vaksin mungkin menunjukkan keefektifannya pada akhir tahun, pertanyaannya adalah seberapa cepat itu dapat diproduksi secara massal, ia mengatakan kepada asosiasi wartawan ACANU di Jenewa.
Tidak ada vaksin yang terbukti melawan penyakit sekarang, sementara 18 kandidat potensial sedang diuji pada manusia.

BACA JUGA: Ilmuwan Inggris memberikan pembaruan beragam tentang perkembangan vaksin COVID-19

Para pejabat WHO membela tanggapan mereka terhadap virus yang muncul di Cina tahun lalu, dengan mengatakan bahwa mereka telah didorong oleh ilmu pengetahuan ketika virus itu berkembang. Ryan mengatakan apa yang dia sesalkan adalah bahwa rantai pasokan global telah rusak, merampas staf medis dari peralatan pelindung.

“Saya menyesal bahwa tidak ada akses yang adil dan dapat diakses ke alat COVID. Saya menyesal bahwa beberapa negara memiliki lebih dari yang lain, dan saya menyesal bahwa pekerja garis depan meninggal karena (itu), ”katanya.

Dia mendesak negara-negara untuk melanjutkan dengan mengidentifikasi kelompok kasus baru, melacak orang yang terinfeksi dan mengisolasi mereka untuk membantu memutus rantai transmisi.

BACA JUGA: Lebanon menjadi penghasil narkoba terbesar yang pernah ada

“Orang-orang yang duduk di sekitar meja kopi dan berspekulasi dan berbicara (tentang transmisi) tidak mencapai apa-apa. Orang yang mengejar virus mencapai sesuatu, ”katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *