China mengatakan AS dalam pertikaian baru tentang penumpasan Muslim Uighur

TOPIKTERKINI.COM – BEIJING: China mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya akan memberlakukan tindakan tit-for-tat setelah Amerika Serikat menjatuhkan sanksi pada pejabat China atas keterlibatan mereka dalam tindakan keras terhadap minoritas Muslim, meningkatkan ketegangan antara negara-negara adidaya.

Kedua negara telah berdagang duri dan sanksi atas sejumlah masalah sejak Presiden Donald Trump menjabat, dari perdagangan hingga pertengkaran baru-baru ini terkait pandemi coronavirus, undang-undang keamanan di Hong Kong, dan kebijakan Cina di wilayah paling barat Tibet dan Xinjiang. .

Tanggapan Cina terbaru mengikuti pengumuman larangan visa dan aset AS dibekukan pada tiga pejabat, termasuk Chen Quanquo, ketua Partai Komunis di Xinjiang dan arsitek kebijakan garis keras Beijing terhadap minoritas yang bergolak.

BACA JUGA:  India melaporkan lebih dari 26.000 kasus virus corona baru dalam sehari

“Tindakan AS secara serius mencampuri urusan dalam negeri China, secara serius melanggar norma dasar hubungan internasional, dan secara serius merusak hubungan Cina-AS,” kata juru bicara kementerian luar negeri Zhao Lijian dalam sebuah pengarahan.

“China telah memutuskan untuk memberlakukan tindakan timbal balik terhadap institusi AS yang relevan dan individu yang berperilaku buruk pada isu-isu terkait Xinjiang,” kata Zhao, tanpa memberikan rincian tentang sanksi.

Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan pada hari Kamis bahwa Amerika Serikat bertindak melawan “penyalahgunaan yang mengerikan dan sistematis” di Xinjiang termasuk kerja paksa, penahanan massal, dan kontrol populasi yang tidak disengaja.

Bolak-balik Xinjiang datang hanya beberapa hari setelah kedua negara memberlakukan batasan visa satu sama lain atas ketidaksepakatan mereka terhadap Tibet.

BACA JUGA: Kemungkinan penyebaran coronavirus di udara dalam ruangan : WHO

Menteri Luar Negeri China Wang Yi pada hari Kamis menyalahkan meningkatnya ketegangan pada “paranoia gaya McCarthy” di Amerika Serikat.

Para saksi dan kelompok hak asasi manusia mengatakan bahwa China telah mengumpulkan lebih dari satu juta warga Uighur dan Muslim Turki lainnya di Xinjiang dalam kampanye pencucian otak yang luas yang bertujuan untuk menyeragamkan minoritas secara paksa ke dalam mayoritas Han di negara itu.

Pompeo dalam panggilan konferensi dengan wartawan Kamis menyebut situasi “noda abad ini” dan sebelumnya telah menarik paralel dengan Holocaust.

China membalas bahwa mereka menyediakan pendidikan dan pelatihan kejuruan dalam upaya untuk mengurangi daya pikat radikalisme Islam setelah serangkaian kekerasan mematikan.

BACA JUGA: AS memposting catatan baru jumlah virus setiap hari sebanyak 65.000 Lebih

Proyek Hak Asasi Manusia Uighur, sebuah kelompok advokasi, memuji sanksi tersebut dan mendesak negara lain untuk mengikutinya.

“Akhirnya, konsekuensi nyata telah dimulai. Ini datang pada jam ke-11 untuk Uighur, ”kata direktur eksekutif kelompok yang berbasis di AS, Omer Kanat.

Dua pejabat lainnya yang terkena sanksi Kamis adalah Wang Mingshan, direktur Biro Keamanan Umum Xinjiang, dan Zhu Hailun, mantan pemimpin senior Komunis di wilayah tersebut.

Sanksi Departemen Keuangan juga menjadikannya kejahatan di Amerika Serikat untuk melakukan transaksi keuangan dengan ketiga orang tersebut serta orang keempat, mantan pejabat keamanan Huo Liujun, yang tidak dikenai pembatasan visa terpisah.

Departemen Keuangan juga menjatuhkan sanksi pada biro keamanan sebagai sebuah institusi, menunjuk pada pengawasan digitalnya terhadap warga Uighur dan minoritas lainnya.

BACA JUGA: 25 Tahun Pembantaian Muslim di Srebrenica masih menghadapi penolakan Serbia

Larangan visa berdampak pada keluarga langsung para pejabat, merampas anak-anak mereka dari gengsi jet di seluruh Pasifik untuk pendidikan atau kesenangan. – AN

Editor: Uslom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *