oleh

Mengenal Anak muda daerah dengan SDA & SDM yang ada di daerah kecamatan Meluhu

Mengenal Anak muda daerah dengan SDA & SDM yang ada di daerah kecamatan Meluhu

Oleh : Rino Merditya Husein, S.Pd
Pemerhati pemuda pelajar mahasiswa kecamatan Meluhu kabupaten Konawe

Namanya mungkin masih asing di telinga masyarakat, yah anak pelosok Kampung dari bumi Anoa yang lahir tgl 16 Desember 1993 di desa Ahuhu kecamatan Meluhu kabupaten Konawe provinsi Sulawesi tenggara.

Pendidikan sekolah dasar di SDN 1 Argamulya, kemudian SMP N 1 MELUHU, kemudian SMKS Almujahidin. Yang semuanya sekolah atau infrastruktur pendidikan ini berada di kampung kami yaitu kecamatan Meluhu.

Setelah tamat Sekolah menengah Kejuruan (SMK), saya pun melanjutkan studi di salah satu perguruan tinggi di Sulawesi tenggara yaitu Universitas Halu Oleo dengan mengambil jurusan ekonomi konsentrasi akuntasi fakultas ilmu keguruan dan ilmu pendidikan.

Ketika proses kuliah, saya mendedikasikan keilmuan ini untuk berperan di masyarakat terkhusus daerah kecamatan meluhu dengan membentuk suatu lembaga yang di kenal sebagai Himpunan mahasiswa kecamatan Meluhu (HMKM)bersama dengan bantuan dan kekompakan dari teman teman yang ada di daerah kami. Dan pada saat itu saya sendiri yang menjadi ketuanya. Alhasil lembaga ini tetap exis hingga saat ini dengan kepengurusan yang baru.

Bisa di bilang daerah kecamatan Meluhu merupakan suatu daerah yang sangat kaya akan sektoral infrastruktur SDM, misalnya dari sektor Negeri tingkat TK, Sekolah dasar (SD) , sekolah menengah pertama (SMP) sekolah menengah atas (SMA).

Adapula sekolah di sektor Swasta ada Madrasah ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTS), dan madrasah ALIYAH (MA) dan SMK Almujahidin.

Dari sektor Religius, daerah ini mempunyai pondok pesantren yang bisa di bilang sudah terkenal hingga seluruh Indonesia, bahkan murid-murid yang masuk di pondok tersebut tidak main main, dari kalangan bawah, Menengah, maupun di tingkat Elit. Sebut saja pesantren Annur Azzubaidi dan sudah menciptakan ratusan bahkan ribuan alumni disana.
Belum lagi pesantren Almujahidin yang tetap Exis sampai detik ini, yang merupakan tempat mondok saya ketika masih di bangku Sekolah dasar hingga Sekolah menengah pertama, dan sudah melahirkan pula alumni alumni hebat. Dan tentunya pesantren pesantren di daerah kami di bawah payung Nahdatul Ulama.

Dari sektor SDA, daerah ini terkenal dengan Kampung lumbung padi, atau penghasil padi terbanyak di kabupaten KONAWE, terbukti ketika panen banyak orang-orang dari luar daerah datang di kampung ini hanya untuk membeli beras.

Di daerah ini juga ada destinasi seni budaya lokal suku tolaki yaitu rumah adat suku tolaki yang bertempat di kelurahan meluhu. yang di kenal nama sebagai rumah adat wonua Ndinudu. Bahkan ketika ada acara besar besaran, sudah banyak pejabat pejabat dari tingkat kabupaten, provinsi bahkan Nasional sudah pernah mengunjungi rumah adat suku tolaki ini.

Ada juga destinasi wisata alam yang di kenal sebagai permandian air terjun larowiu yang merupakan salah satu media rileksasi atau refreshing ketika hari hari libur.

Begitu kayanya daerah kami kecamatan Meluhu dengan infrastruktur yang ada memungkinkan daerah ini akan menjadi sentrum atau pusat peradaban konawe Sulawesi tenggara. Dengan masyarakatnya yang sangat pluralis atau majemuk tidak menjadikan daerah ini sebagai konflik horizontal melainkan lebih kepada persatuan dengan hidup damai dalam membangun daerah di bidang masing-masing.

Semoga daerah kami terlindung dari marabahaya dan senantiasa menjadi kampung atau daerah yang menjadi contoh daerah daerah lain. Aamiin Ya Allah

Mengenal Anak muda daerah dengan SDA

Komentar

News Feed