oleh

Bupati Konsel serahkan ratusan sertifikat tanah Program PTSL dan Bantuan Tunai Rp 20 Juta kepada 17 KUBE

TOPIKTERKINI.COM – KONSEL | Kembali untuk kesekian kalinya, Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, ST.,MM menyerahkan secara simbolis Sertifikat Tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Program Redistribusi (Redist) Tahun 2019.

Buapti Konsel serahkan ratusan sertifikat tanah Program PTSL dan Bantuan Tunai Rp 20 Juta kepada 17 KUBEKali ini total sebanyak 663 warga Kecamatan Moramo yang mendapatkan sertifikat secara gratis, dengan rincian 100 sertifikat PTSL di Desa Tambosupa, 424 Redist di Desa Puudaria Jaya dan 139 Sertifikat Program Redist di Desa Wawodengi

Turut mendampingi Sekretaris Kabupaten, H. Sjarif Sajang, Kepala BPN Konsel, La Ode Muh Ruslan Emba, Kadis Kominfo, Annas Mas’ud, Camat Moramo, Benhur, Kasubag Tata Usaha, Asnani dan Kasubsi Landreform dan Konsolidasi Tanah BPN Konsel, Wesiara.

“Pemberian bukti hak atas tanah ini merupakan bagian dari program Pemerintah Pusat Tahun 2019 dengan target mensertifikatkan 10 Juta bidang tanah se-Indonesia, melalui BPN bekerjasama dengan Pemerintah Daerah setempat. “Untuk Konsel mendapat alokasi sebanyak 14 ribu bidang tanah, berharap alokasi pada tahun 2020 makin bertambah,” Ujar Bupati, Surunuddin Dangga saat menyerahkan sertifikat di Balai Kecamatan Moramo (Rabu, 15/7/2020).

Kata dia, penyerahan hari ini adalah kesekian kalinya, yang sebelumnya juga telah dilaksanakan pada 7 Kecamatan berbeda dan akan terus berlanjut hingga di seluruh Kecamatan yang ada di Konsel.” Dalam rangka memberikan kepastian hukum atas bidang tanah yang di kuasai masyarakat, juga bisa digunakan untuk pengembangan usaha,”tutur Surunuddin

Yang bisa dimaknai, sambungnya, dalam rangka mendorong peningkatan kesejahteraan rakyat sesuai yang termaktub dalam Konsep Pemerintah Daerah yakni Desa Maju Konsel Hebat.

Ia juga berharap masyarakat bisa mensyukuri atas pemberian sertifikat, dikarenakan dapat memiliki hak atas tanah secara cuma-cuma tanpa mengeluarkan dana. Yang mana, dahulu hanya orang- orang yang mampu yang bisa mengantongi sertifikat, sebab pengurusan yang berbelit-belit serta membutuhkan dana tidak sedikit.

“Perlu disyukuri karena telah menerima sertifikat secara gratis,
berharap dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dan jangan karena berniat menolong sehingga dipinjamkan ke orang lain untuk pengambilan kredit, karena kalau macet sebidang tanah pasti melayang akibat disita Bank,” pesan Surunuddin.

Selain itu, mantan Ketua DPRD Konsel ini meminta partisipasi masyarakat bersama Pemerintah Desa, Kelurahan dan Kecamatan untuk bersama-sama mendukung program kerja Pemda dalam membangun daerah yang pembangunannya dimulai dari Desa.

“Pemerintah Desa, Kelurahan dan Pemerintah Kecamatan bersama masyarakat harus seirama dan bahu membahu, agar program pembangunan Desa Maju yang berdaya saing dan sejahtera mudah terealisasi,” tandas Surunuddin.

Bupati juga memberikan Bantuan Tunai Kepada 17 KUBE

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati menyerahkan bantuan sosial kepada 17 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) kaum fakir miskin yang tersebar di 3 (tiga) Desa, diantaranya Desa Ranooha Raya, Desa Wawosunggu, dan Desa Ponambea Barata Kecamatan Moramo, dimana masing-masing kelompok menerima modal usaha sebesar Rp20 Juta.

Bantuan bersumber dari Kementerian Sosial yang diusulkan Pemda Konsel melalui Dinas Sosial yang selanjutnya diverifikasi keabsahannya. Yang bertujuan untuk pengembangan usaha agar tidak bergantung dengan bantuan lain.

17 Kube yang mendapat bantuan bergerak di bidang Peternakan, Perikanan, Pengolahan, dan Jual Sembako.

Laporan: Muh Sopian

Komentar

News Feed