oleh

Uji coba manusia pertama dari vaksin AstraZeneca COVID-19 menjanjikan

TOPIKTERKINI.COM – LONDON: Vaksin eksperimental COVID-19 AstraZeneca aman dan menghasilkan respons kekebalan dalam uji klinis tahap awal pada sukarelawan sehat, data menunjukkan pada hari Senin.
Vaksin, yang disebut AZD1222 dan sedang dikembangkan oleh AstraZeneca dan ilmuwan di Universitas Oxford Inggris, tidak memicu efek samping yang serius dan menimbulkan respons antibodi dan kekebalan sel-T, menurut hasil uji coba yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet.

“Kami berharap ini berarti sistem kekebalan tubuh akan mengingat virus, sehingga vaksin kami akan melindungi orang untuk jangka waktu yang lama,” kata pemimpin penelitian Andrew Pollard dari University of Oxford.

“Namun, kami perlu penelitian lebih lanjut sebelum kami dapat mengonfirmasi bahwa vaksin tersebut secara efektif melindungi terhadap infeksi SARS-CoV-2 (COVID-19), dan untuk berapa lama perlindungan berlangsung,” katanya.

AstraZeneca adalah salah satu kandidat vaksin terkemuka melawan pandemi yang telah merenggut lebih dari 600.000 nyawa, di samping yang lain dalam uji coba tahap pertengahan dan akhir.

Ini termasuk tembakan yang sedang dikembangkan oleh Sinovac Biotech China, yang lain dari perusahaan Cina Sinopharm milik negara, dan satu dari perusahaan biotek AS Moderna.

AstraZeneca telah menandatangani perjanjian dengan pemerintah di seluruh dunia untuk memasok vaksin jika terbukti efektif dan mendapatkan persetujuan dari regulator. Perusahaan mengatakan tidak akan mencari untung dari vaksin selama pandemi.

Para peneliti mengatakan vaksin ini menyebabkan efek samping ringan lebih sering daripada kelompok kontrol, tetapi beberapa di antaranya dapat dikurangi dengan menggunakan parasetamol, tanpa ada efek samping serius dari vaksin. -AN

Editor: Uslom

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed