Raja Tolitoli Anugerahi Danrem 132 Tadulako Gelar Adat ” Tau Kadakoan Adat Rlipu Totorli.”

Topikterkini.Com-Tolitoli. Dalam kunjungannya ke Kabupaten Tolitoli, Komandan Korem (Danrem) 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, MA bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Koorcabrem 132 Tadulako Ny Shally Sundari dikukuhkan menjadi _Tau Kadakoan Adat Lipu Totolri_ (Sesepuh Pemangku Adat Tolitoli) oleh Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH selaku Raja Tolitoli ke-17 bergelar Gaukan Dei Babo Lantung. Pengukuhan yang dihelat di Aula Wisma Daerah Bale Tau Dako Lipu Tolitoli pada senin pagi (27/7).

Prosesi penganugerahan gelar adat tersebut ditandai dengan pemasangan simbol-simbol adat Tolitoli kepada Brigjen TNI Farid Makruf, MA dan Ny Shally Sundari.

Usai pengukuhan dilanjutkan dengan kegiatan tatap muka bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Jajaran Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda di Kabupaten Tolitoli.

Saat menyampaikan sambutannya Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan SH.,MH menyampaikan terima kasih dan selamat datang kepada Danrem 132 Tadulako bersama rombongan atas kunjungan kerjanya ke daerah ini. Selain menyampaikan kondisi geografis Kabupaten Tolitoli, Bupati juga menyampaikan bahwa masyarakat Kabupaten Tolitoli memiliki latar belakang perbedaan etnis agama, adat dan budaya, serta nilai sosial.

Dikatakannya bahwa pluralitas masyarakat di Kabupaten Tolitoli adalah sebuah realitas sosial yang tidak dapat dipungkiri oleh siapapun juga dan perbedaan itu justru menjadi potensi kekuatan yang diharapkan dapat membangun Tolitoli.

“Suku apapun dia, Agama apapun dia, kalau dia mau membangun Tolitoli, dialah putra daerah yang sebenarnya”, kata Bupati yang disambut tepuk tangan oleh Danrem bersama seluruh yang hadir pada acara itu.

Sementara itu, Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf, MA saat memberikan arahannya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tolitoli beserta seluruh jajaran Pemda yang telah menyambut dengan penuh kekeluargaan. Danrem juga menyampaikan apresiasinya atas kekompakan Pemerintah Daerah dan masyarakat di Kabupaten Tolitoli dengan jajaran TNI. Hal ini tentu menjadi suatu kekuatan dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.

Kegiatan tatap muka turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Drs Hi. Mikaddis Syamsuddin. M,Si, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Ketua Dewan Tolitoli Adat Drs Hi. Ibrahim Saudah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda serta elemen masyarakat lainnya,

Laporan : Resmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *