oleh

Diduga Kades Lakukan Maladministrasi, Kabid Pemdes: Camat harus tegas dan salektif mengeluarkan rekomendasi tertulis.

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Pemerintah wilayah Kecamatan harus tegas dan selektif sebelum mengeluarkan rekomendasi pengangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa. Hal ini disampaikan Kepala bidang pemerintahan desa Dinas PMD,PP&PA Kab. Bantaeng Kamaruddin, saat ditemui pewarta diruang kerjanya, Selasa 28/7/2020.

Diakui Kamaruddin, banyak laporan sengketa antara Kepala desa dengan perangkatnya, hal ini yang menjadi dasar pertimbangan Mentri dalam negri mengeluarkan surat dengan Nomor: 141/628/SJ, tertanggal 27/7/2020 yang intinya menegaskan pemerintah wilayah kecamatan harus tegas dan selektif sebelum mengeluarkan rekomendasi pemberhentian maupun pengangkatan Perangkat Desa.

“Kami disini (Kantor Dinas, Red) membantu Bupati, Camat sebagai pimpinan wilayah yang berwenang bertindak atas nama Bupati sebelum mengeluarkan surat rekomendasi harus tegas dan selektif” tegas Kamaruddin.

Menurutnya, permasalahan ditingkat desa harusnya ditangani lebih dahulu di Kecamatan sebelum masuk ke Bupati.

“Banyak permasalahan perangkat desa dengan kades langsung kesini (PMD,red), kan ada pimpinan wilayah kecamatan yang harusnya lebih dahulu menangani persoalan di Desa” jelasnya, kalau kesini (PMD,red) sama saja permasalahan itu langsung ke Bupati, pasalnya Kepala dinas adalah pembantu Bupati, tambahnya.

“Jangan juga permasalahan di Desa semua langsung ke Bupati, kan masih ada Pimpinan wilayah di Kecamatan yang punya kewenangan membina aparatur di Desa”, pungkas Kamaruddin.

Laporan: Armin

Komentar

News Feed