oleh

Pulau Peling Banggai Kepulauan Dikepung Banjir

TOPIKTERKINI.COM – BANGGAI KEPULAUAN : Intensitas curah hujan yang cukup tinggi sejak Kamis malam (30/7) sampai dengan Jumat (31/7/2020) sejumlah desa di wilayah barat kepulauan peling Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, mengakibatkan ratusan rumah warga terendam banjir. huuan juga mengabibatkan tanah longsor di wilayah Kecamatan Buko dan Kecamatan Bulagi.

Rumah warga di Desa Tatabau, Kecamatan Buko Selatan.

Informasi yang di peroleh media ini rumah warga yang terendam banjir diantaranya Desa Bangunemo, Kecamatan Bulagi Utara. Kecamatan Bulagi, Desa Bulagi banjir merendam rumah warga, semntara di Desa Alul, terjadi bajir disertai tanah longsor. Kemudian Desa Pandaluk, Kecamatan Bulagi Selatan juga terjadi banjir.

Kondisi yang sama juga terjadi di Desa Kambani, Desa Tatabau, Lumbi Lumbia, puluhan rumah warga di desa itu terendam banjir.

 

Kondisi yang sama terjadi di Kecamatan Buko,  Desa Labasiano dan Desa Malanggong puluuhan rumah warga ikut terendam banjir.

Banjir dan tanah longsor juga merusak faslitas umum berupa jembatan penghubung di Desa Peling Lamolo terancam putus akibat banjir bandang menerjangg sejak Jumat dini hari. Aparat Kecamatan Buko melarang kendaraan melewati jembatan tersebut dikarenakan bagian kepala jembatan terancam ambruk.

Tanah Longsor terjadi di Desa Lemeleme, Kecamatan Buko, material batu dan tanah menutup badan jalan. Akibatnya jalan yang menghubungkan antara Kecamatan Bulagi Utara dan kecamatan Buko tertutup.

Di Kabupaten Banggai, luapan air juga merendam rumah wara di Kelurahan Lamo, Kecamatan Batui, ketinggian air merendam rumah warga 10 – 30 Cm. Banjir juga menutup badan jalan yang menghubungkan Desa Bone Balantak dan Desa Sukamaju, Kecamatan Batui Selatan. Hingga intensitas curah hujan di wilayah Kecamatan Batui masih tinggi.

Jalan penghubung Desa Sukamaju dan Desa Bone Balantak, Kecamatan Batui Selatan, Kabupaten Banggai, terendam air, warga menggunakan tambangan.

Laporan: Ahmad Labino

Komentar

News Feed