oleh

Taliban mengumumkan gencatan senjata Idul Adha di Afghanistan

TOPIKTERKINI.COM – KABUL: Militan Taliban Afghanistan mengumumkan pada hari Selasa bahwa mereka akan mengamati gencatan senjata selama tiga hari untuk hari libur keagamaan Idul Adha, yang dimulai Jumat, menawarkan beberapa kelonggaran dari minggu-minggu meningkatnya kekerasan.

Ketidaksepakatan mengenai pertukaran tahanan dan kekerasan telah menunda pembicaraan damai antara komite yang diberi mandat pemerintah Afghanistan dan Taliban, seperti yang dibayangkan dalam perjanjian yang ditandatangani antara AS dan kelompok di Doha pada Februari.

“Agar orang-orang kami dapat menghabiskan tiga hari lebaran dengan penuh keyakinan dan kebahagiaan, semua pejuang diperintahkan untuk tidak melakukan operasi apa pun,” kata juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid tweeted.

Namun, ia menambahkan bahwa jika pejuang Taliban mendapat serangan dari pasukan pemerintah, mereka akan membalas.

Juru bicara presiden Afghanistan, Sediq Sediqqi, mengatakan pemerintah menyambut baik pengumuman gencatan senjata itu tetapi menambahkan bahwa rakyat Afghanistan menginginkan perdamaian abadi dan dimulainya negosiasi damai langsung.

Sejak perjanjian AS-Taliban, 3.560 personel pasukan keamanan Afghanistan tewas dalam serangan-serangan oleh gerilyawan, kata Presiden Ashraf Ghani dalam pidato Selasa.

Misi Bantuan PBB di Afghanistan (UNAMA) mengatakan dalam sebuah laporan pada hari Senin bahwa lebih dari 1.280 warga sipil Afghanistan telah tewas dalam enam bulan pertama tahun ini, terutama sebagai akibat dari pertempuran antara pasukan pemerintah Afghanistan dan Taliban.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan pekan lalu bahwa Perwakilan Khusus AS untuk Afghanistan Zalmay Khalilzad akan melakukan perjalanan ke wilayah tersebut untuk mendorong kesepakatan pertukaran tahanan dan pengurangan kekerasan. – AN

Editor: Usman S

Komentar

News Feed