Tauladani Semangat Juang Nabi Muhammad SAW, Kodam XII/Tpr Peringati Tahun Baru Hijriah 1442

Foto: Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad

TOPIKTERKINI.COM, KALBAR – Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil Kodam XII/Tanjungpura memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah 2020 Masehi, yang digelar di Masjid Nurul Ikhlas, Makodam XII/Tpr, Jalan Arteri Alianyang, Sungai Raya, Kubu Raya. Kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan kondisi mental prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr.

Peringatan Tahun Baru Islam oleh Keluarga Besar Kodam XII/Tpr diisi dengan kegiatan tausiah dan doa bersama. Kegiatan dilaksanakan secara sederhana dan berpedoman pada protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam sambutan menyampaikan, pelaksanaan kegiatan memperingati Tahun Baru Islam merupakan tindak lanjut kebijakan dari Pimpinan TNI Angkatan Darat agar selalu memelihara dan meningkatkan motivasi juang Prajurit dalam rangka menumbuh kembangkan Patriotisme dan etos kerja, soliditas dan komitmen pengabdian Prajurit kapan dan dimanapun bertugas.

“Oleh karena itu, Kodam XII/Tpr selalu berupaya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa bagi personelnya, sehingga terwujudnya kesadaran beragama, menghayati, mengamalkan segala perintah dan menjauhi larangan-Nya serta toleransi terhadap pemeluk agama,” kata Pangdam Jum’at (28/8/20)

Selanjutnya Pangdam juga menyampaikan, adapun hakekat peringatan Tahun Baru Islam merupakan sarana untuk mengingat dan mengenang kembali peristiwa penting bagi umat Islam yaitu peristiwa Hijrahnya Nabi Besar  Muhammad Shallallahu alaihi wasallam beserta kaum Muslimin dari Mekah ke Madinah pada 15 abad yang lalu.

“Hal ini merupakan tonggak perjuangan Umat Islam dalam mengembangkan syiar Islam ke seluruh penjuru dunia sekaligus dijadikan titik awal penentuan Kalender Islam,” ujarnya.

Pangdam XII/Tpr mengatakan, peringatan Tahun Baru Islam kali ini dilaksanakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Untuk itu, setiap kegiatan harus mempedomani protokol kesehatan dan selalu bekerjasama dengan semua pihak untuk terus-menerus mensosialisasikan penerapan adaptasi kebiasaan baru guna mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19.

“Hal tersebut sesuai dengan tema pada pelaksanaan kegiatan acara kali ini, yaitu Dengan semangat Tahun Baru Islam 1442 H/2020 M Kita Tingkatkan Sinergitas TNI bersama Seluruh Komponen Bangsa menuju Tatanan Kehidupan Baru,” tukas Pangdam.

Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam kesempatan tersebut mengajak Prajurit dan PNS Kodam XII/Tpr untuk mendoakan bangsa Indonesia agar secepatnya terbebas dari Pandemi Covid-19.

“Selain itu juga agar personel Kodam XII/Tpr diberikan kekuatan dalam melaksanakan tugas pencegahan Covid-19, Operasi Perbatasan, Teritorial dan Internasional serta kesembuhan bagi personel Prajurit, PNS dan keluarganya yang sakit karena Covid-19 maupun penyakit yang lainnya,” ajaknya.

Sedangkan Letnan Kolonel Inf H. Rustam Effendi Hasibuan, M.Ag., dalam tausiahnya menyampaikan peringatan Tahun Baru Islam sebagai momentum untuk melakukan introspeksi, refleksi dan mawas diri bagi kita terhadap apa yang telah dilaksanakan selama tahun 1441 Hijriah dan sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur atas segala rahmat dan karunia Allah SWT yang telah dilimpahkan kepada umatnya.

Letnan Kolonel Inf H. Rustam Effendi Hasibuan, M.Ag., juga menyampaikan, peringatan ini juga sebagai sarana untuk dapat meneladani semangat juang Rasulullah SAW, dalam melaksanakan hijrah.

“Semangat juang Nabi Muhammad yang tinggi saat melaksanakan hijrah inilah yang perlu kita teladani yang diterapkan dalam kehidupan kita sebagai prajurit maupun dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya mengakhiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *