oleh

Event Internasional WCD 2020, Konsel Terpilih Ikut Kampanyekan Hari Bersih-bersih Sedunia

TOPIKTERKINI.COM – KONSEL | Menjaga lingkungan dan kebersihannya bukan hanya dilakukan oleh petugas kebersihan atau segelintir orang saja. Semua pihak tentunya wajib berpartisipasi. Hal itulah yang coba diwujudkan dalam World Cleanup Day (WCD) atau Hari Bersih-bersih Sedunia, sebuah hajatan internasional yang mulai tahun 2018 serentak dilaksanakan di 157 Negara termasuk Indonesia.

Tercatat sejak 2018 event WCD berhasil menyatukan 18 juta orang dari seluruh dunia dan mengumpulkan 88.500 ton sampah. Indonesia pun menorehkan sejarah dengan menjadi negara pemimpin World Cleanup Day terbesar di dunia dua tahun berturut-turut.

Di kampanye WCD 2020 Indonesia, Konawe Selatan (Konsel) patut berbangga. Wilayah otonom yang kini di komandoi Bupati H Surunuddin Dangga terpilih jadi salah satu lokasi kampanye WCD 2020 tepatnya di salah satu destinasi wisata andalan, Air Terjun Moramo, Kamis (10/9).

Ratusan orang terlibat dalam kegiatan di kawasan wisata air terjun Moramo. 60 orang diantaranya adalah peserta WCD 2020 yang berasal dari seluruh Indonesia. Juga ikut terlibat komunitas Pecinta Alam hingga anggota Pramuka Kwarcab Konsel dalam meramaikan ivent tersebut.

Event Internasional WCD 2020, Konsel Terpilih Ikut Kampanyekan Hari Bersih-bersih SeduniaBupati Konawe Selatan H Surunuddin Dangga yang membuka acara tersebut turut berbangga juga mengucapkan apresiasi kepada pihak Kementerian Lingkungan Hidup dalam hal ini Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion yang jadi penyelenggara acara atas dipilihnya Konsel jadi bagian kampanye WCD 2020 Indonesia.

Bupati Surunuddin mengatakan Konsel mendapatkan manfaat yang besar dari WCD 2020 karena hal tersebut menjadi sarana promosi daerah secara cuma-cuma karena kegiatan Kampanye WCD tersebut akan jadi sorotan dunia Internasional.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan pembagian kantong sampah kepada para peserta sebagai tanda dimulainya kampanye WCD 2020 di Konsel.

Tak luput pula, sebagai bentuk kepedulian ditengah Pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata Konsel juga membagikan masker kepada kelompok pengelola destinasi wisata yang jadi mitra Pemerintah Konsel dalam menumbuhkembangkan potensi pariwisata khususnya yang ada di Konsel.

Dengan sinergi juga saling berbagi peran diantara Pemda Konawe Selatan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, BKSDA Sultra, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Manggala Agni, Komunitas Pecinta alam hingga masyarakat tentunya diharapkan tujuan utama WCD 2020 Indonesia khususnya yang dikampanyekan di Konsel akan tercapai.

Laporan: Muh Sopian

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed