Bom pinggir jalan menewaskan 14 warga sipil di Afghanistan

TOPIKTERKINI.COM – KABUL: Setidaknya 14 warga sipil, termasuk wanita dan anak-anak, tewas Selasa oleh bom pinggir jalan di Afghanistan tengah, kata para pejabat, ketika kekerasan terus berlanjut meskipun ada pembicaraan damai antara Taliban dan pemerintah Afghanistan.

Tujuh wanita, lima anak dan dua pria tewas ketika kendaraan mereka meledakkan bahan peledak di provinsi Daikundi, kata juru bicara kementerian dalam negeri Tareq Arian dalam sebuah pernyataan.

Tiga anak juga terluka, tambahnya, menyalahkan Taliban atas ledakan itu.

Nasrullah Ghori – juru bicara gubernur Daikundi – mengatakan para korban sedang dalam perjalanan ke sebuah kuil ketika minibus mereka terkena bom.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas ledakan itu, tetapi bom pinggir jalan telah menjadi senjata pilihan Taliban.

“Serangan yang disengaja” yang menargetkan warga sipil menewaskan atau melukai lebih dari 800 warga sipil di Afghanistan selama paruh pertama tahun 2020, menurut laporan PBB yang dirilis pada Juli.

Kekerasan terjadi ketika para perunding Taliban dan pemerintah Afghanistan bertemu di Doha, di mana mereka berusaha menemukan cara untuk mengakhiri perang selama 19 tahun.

Meskipun ada seruan untuk gencatan senjata, Taliban telah menolak untuk menghentikan kekerasan mereka, melihatnya sebagai kunci untuk memanfaatkan di meja perundingan.

Ledakan itu terjadi ketika kepala proses perdamaian Afghanistan, Abdullah Abdullah, memulai hari kedua dari kunjungan tiga hari ke negara tetangga Pakistan.

Berbicara di sebuah acara di Islamabad, dia menyatakan bahwa “es telah pecah” pada pembicaraan damai, yang dimulai 12 September.

Afghanistan telah lama menuduh Islamabad memberikan dukungan vital dan tempat berlindung yang aman bagi Taliban.

Islamabad membantah mendukung Taliban, tetapi pengaruhnya dengan militan dipandang penting untuk membuka jalan bagi kesepakatan potensial. (AN)

Editor: Erank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *