oleh

KPU Tolitoli Laksanakan Pleno Terbuka DPSHP dan Penetapan DPT.

Topikterkini.com.Tolitoli Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tolitoli, Provinsi Sulawesi Tengah mrnyelenggarakan rapat Pleno terbuka di Aula KPU Tolitoli, rabu (14-10-2020) Turut hadir Komisioner KPU Tolitoli,Anggota Bawaslu,stackholder dan PPK Se Kabupaten Tolitoli.

Dalam Pleno tersebut di tetapkan jumlah total Daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Tolitoli sebanyak 150.009 orang.

Komisionet KPU Tolitoli Divisi tehnis dan data Imade Koto Parahianto mengatakan, rekapitulasi Daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPS-HP) oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang tersebar di 10 kecamatan untuk 103 Desa dan Kelurahan yaitu 150.009 yang di tahapan DPS lalu hanya berjumlah 148.014 pemilih.

“Rekapitulasi DPS-HP itu kami dapatkan angka 150.009 pemilih kemudian ditetapkan sebagai DPT,” kata I made.

Dia menjelaskan, terjadinya ketambahan pemilih sebesar 1995 orang dari DPS lalu, penambahannya didominasi oleh pemilih yang ada diwilayah Kecamatan Baolan di mana semula berjumlah 39.434 orang menjadi 41.046 dengan kata lain ketambahan di Baolan sebanyak 1612 pemilih.
Dan sisanya ketambahan data pemilih terjadi dikecamatan lain seperti di Kecamatan Basidondo, Dampal Utara, kecamatan Dondo, dan Kecamatan Tolitoli Utara. Sedangkan enam kecamatan lainnya mengalami penurunan jumlah pemilih yang tidak signifikan.

Meski demikian kata dia perubahan data pemilih tersebut juga merupakan hasil perbaikan atas usulan dari Bawaslu setempat, mengingat Baswaslu belum lama ini menemukan data yang tidak akurat sebanyak 1.535 orang, sehingga pihak KPU Tolitoli menganggap hasil perbaikan data pemilih kali ini sudah include dengan data Bawaslu.

Ketua KPUD Tolitoli Suleman Padjalani berharap, meski telah ditetapkannya DPT pihaknya meminta kepada stakeholder terkait, untuk tetap berkordinasi aktif guna menciptakan Pilkada yang berkualitas di 9 Desember mendatang.

“Saya berharap kepada seluruh penyelenggara dalam bertugas memastikan untuk senantiasa mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19,”Tutupnya

Liputan : Wana

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed