Inggris mendesak untuk memulangkan wanita dan anak-anak Daesh dari kamp Suriah

TOPIKTERKINI.COM – LONDON: Anak-anak Inggris ditahan di kamp-kamp Suriah yang diperuntukkan bagi anggota Daesh, di mana mereka menghadapi kekurangan gizi, sanitasi yang buruk, ancaman COVID-19 dan cuaca yang memburuk, menurut laporan oleh Egmont Institute, sebuah wadah pemikir Belgia.

Beberapa anak telah meninggal di kamp-kamp, ​​termasuk bayi laki-laki dari anggota ISIS Inggris Shamima Begum.

Penolakan Inggris untuk memulangkan mereka atau orang tua mereka berisiko menimbulkan kemungkinan munculnya “teroris paling berbahaya di dunia” secara massal, kata laporan itu.

Ia menambahkan bahwa kondisi yang mengarah pada pembentukan ISIS, melalui jaringan massa dan radikalisasi di penjara penuh sesak yang dikelola oleh AS setelah invasi 2003 ke Irak, diulangi di kamp-kamp di Suriah.

Lembaga tersebut mengatakan kamp-kamp tersebut saat ini berisi 35 anak-anak Inggris dan 24 orang dewasa, 15 di antaranya adalah wanita. Secara total, lebih dari 600 anak warga negara Uni Eropa telah dipertanggungjawabkan.

“Mayoritas (anak-anak) berusia di bawah lima tahun, dan mereka memiliki setiap kesempatan untuk bersosialisasi kembali di negara asalnya,” kata laporan itu.

“Anak-anak bukanlah ‘bom waktu’, tapi mereka bisa menjadi bom jika kita tidak mengembalikannya.”

Laporan tersebut mengutuk negara-negara Barat karena menolak memulangkan anggota dan afiliasinya Daesh, dan dalam beberapa kasus mencabut kewarganegaraan mereka, untuk menghindari apa yang disebut “bunuh diri politik” bagi pejabat terpilih yang bertanggung jawab untuk mengambil keputusan.

“Selama masa penahanan mereka, di Suriah atau Irak, para pejuang Eropa akan terus menghadapi risiko radikalisasi lebih lanjut dan jaringan dengan narapidana ISIS (Daesh) asing lainnya,” tulis penulis laporan itu, Thomas Renard dan Rik Coolsaet.

“Satu-satunya pertanyaan yang harus kita tanyakan pada diri kita sendiri adalah apakah kita bersedia melepaskan segala bentuk kontrol terhadap pejuang asing Eropa, dengan risiko melihat mereka kembali dalam beberapa tahun bahkan lebih radikal, atau jika kita lebih suka mengambil kembali kendali untuk memastikan penuntutan, penahanan dan rehabilitasi mereka yang tepat. ”

Pada bulan Juli, sejumlah politisi Inggris terkemuka menulis kepada pemerintah menyoroti bahaya yang ditimbulkan dengan terus meninggalkan anggota ISIS Inggris dan Uni Eropa di Suriah.

Para anggota parlemen, termasuk mantan menteri pemerintah Konservatif Tobias Ellwood, David Davis dan Andrew Mitchell, mengatakan: “Kami prihatin bahwa penahanan tidak terbatas mereka saat ini di kamp-kamp penahanan Kurdi yang semakin genting menimbulkan tantangan keamanan yang signifikan bagi Inggris, serta kerugian yang signifikan bagi anak-anak yang terlibat.

“Kami mendesak Anda untuk memastikan bahwa orang-orang ini dibawa kembali ke Inggris sehingga setiap orang dewasa yang dituduh melakukan kejahatan dapat dituntut secara adil dengan proses yang wajar, dan keamanan anak-anak terjamin.”

Ancaman pelarian massal telah meningkat secara eksponensial dalam beberapa bulan terakhir, dengan laporan militer AS baru-baru ini menyoroti situasi yang memburuk di banyak kamp yang dikendalikan Kurdi.

Otoritas Kurdi telah berulang kali meminta negara-negara UE dan Inggris untuk memulangkan beberapa atau semua warganya yang ditahan di Suriah untuk mengurangi tekanan dan membebaskan sumber daya dalam konflik yang sedang berlangsung.

Dua wanita dari Inggris dan Irlandia, bersama dengan anak-anak mereka, termasuk di antara sekitar 750 wanita dan anak-anak yang melarikan diri dari kamp Ain Issa setelah pasukan Turki menyerbu daerah itu Oktober lalu.

Sebagian besar tidak diketahui keberadaannya, dengan banyak yang diduga telah mencoba bergabung kembali dengan para jihadis di Suriah utara.

Kekerasan dan pemberontakan sering terjadi di kamp-kamp lain untuk mantan anggota Daesh, termasuk di Al-Hol, yang menampung lebih dari 65.000 wanita dan anak-anak, dan di Hasakah, pusat utama untuk pejuang ISIS yang ditangkap.

Laporan Egmont Institute mengatakan COVID-19 juga menimbulkan risiko parah bagi kelangsungan hidup kamp. “Ada kekhawatiran bahwa langkah-langkah untuk mencegah penyebaran COVID-19, seperti kurangnya kontak fisik antara penjaga dan narapidana, dapat memfasilitasi (sebuah) perebutan kekuasaan informal oleh kelompok-kelompok yang terkait (Daesh) dan memperburuk lingkungan yang permisif untuk aktivitas kriminal,” itu menambahkan.

Seorang juru bicara pemerintah Inggris berkata: “Prioritas kami adalah memastikan keselamatan dan keamanan Inggris. Mereka yang tetap berada di Suriah termasuk beberapa individu paling berbahaya yang memilih untuk tetap berperang atau mendukung kelompok yang melakukan kejahatan paling kejam termasuk membantai dan memenggal warga sipil yang tidak bersalah.

“Pemerintah telah jelas bahwa mereka harus menghadapi keadilan atas kejahatan mereka di yurisdiksi yang paling sesuai, yang sering kali terjadi di tempat pelanggaran mereka dilakukan.” – AN

Editor: Erank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *