TNI-POLRI Gelar Simulasi Sispam Bawaslu Jelang Pilkada 2020 di Kabupaten Tolitoli

Topikterkini.com.Tolitoli – Dalam rangka pengamanan pemilihan serentak tahun 2020, Polres Tolitoli menggelar simulasi sistem pengamanan (sispam) Bawaslu di halaman kantor Bawaslu di Jalan Hi Mallu Kelurahan Tuweley Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli, Minggu (29/11/2020) pagi.

Kapolres Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina SH SIK MH saat menyaksikan langsung simulasi tersebut menyampaikan, simulasi sispam ini bertujuan untuk kesiapan menghadapi kejadian buruk yang mungkin terjadi pada pemilihan serentak 9 Desember mendatang.

“Simulasi ini bertujuan mengenai kesiapan kita menghadapi kejadian buruk, Insya Allah Tolitoli tetap aman, artinya kita selalu siap menghadapi kemungkinan dengan melibatkan stakeholder beserta elemen masyarakat,” kata Kapolres Tolitoli.

Simulasi sispam Bawaslu ini dilakukan oleh personel Polres Tolitoli, Kodim 1305/BT, Lanal Tolitoli setra personel Kompi Brimob Tolitoli dengan memperagakan simulasi pengamanan di duga bom yang ditemukan di depan kantor Bawaslu.

Sebelumnya, Polres Tolitoli juga telah melaksanakan simulasi penerapan protokol kesehatan saat di TPS pada Jumat (27/11/2020) kemarin. Simulasi dilakukan oleh Anggota Linmas di halaman Mako Polres Tolitoli yang disaksikan langsung oleh Forkopimda Kabupaten Tolitoli serta penyelenggara pemilihan serentak yaitu KPU dan Bawaslu.

“Kita memastikan anggota sudah siap, karena dinamika situasi yang akan terjadi tidak tahu, hal ini sangat dinamis, makanya itu kita persiapkan betul agar anggota paham ketika terjadi eskalasi seperti ini” ucap Kapolres Tolitoli.

“Dengan pembelajaran yang kita berikan ini serta pelatihan kita praktekan juga, supaya personel dalam tugasnya nanti bisa melaksanakan tugas dengan baik,” tambahnya.

Kapolres Tolitoli juga berpesan kepada masyarakat agar sama-sama berpikir objektif dan harus bijak menggunakan media sosial.

“Untuk masyarakat harus sama-sama bijak dalam menggunakan media sosial, apalagi ini tahun Pilkada, kritis boleh tapi harus ada nilai kesantunan yang perlu kita junjung tinggi,” ujar Kapolres Tolitoli.

Laporan : Andi Iswana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *