oleh

Polimdo, Forum LKP dan Disdikda Sulut bangun sinergitas pendidikan Vokasi di Sulut

TOPIKTERKINI.COM – MANADO | Dalam meningkatan lulusan yang bermutu, berbagai Stakeholder bertekad untuk membangun sinergitas pendidikan Vokasi di Sulawesi Utara (Sulut).

Evaluasi demi evaluasi membangun sinergitas pendidikan Vokasi terus dilakukan oleh perguruan tinggi Politeknik Negeri Manado (Polimdo), Dinas Pendidikan daerah (Disdikda) Sulut dan Forum lembaga Kursus dan pelatihan (LKP), dimana program digagas secara nasional oleh Dirjen pendidikan Vokasi kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud).

Sinergitas pendidikan Vokasi, selain meningkatkan lulusan yang bermutu, serta mendapatkan informasi penting terkait tingkatan serapan pada lulusan pendidikan Vokasi di dunia industri, dan spesifikasi kompetensi yang diperlukan industri. Di Sulut, program ini dilaksanakan bersama perguruan tinggi Polimdo dengan Bid, PSMK Disdikda Sulut dan Forum LKP Sulut.

Adapun riset dilakukan dengan membagikan selebaran pemberitahuan kepada lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2019 untuk bisa mengisi secara daring kuesioner yang diadakan, diolah dan disimpan langsung oleh Dirjen pendidikan Vokasi Kemendikbud. Untuk itu, dihimbau kepada lulusan SMK yang menerima notifikasi atau SMS maupun email dari dirjen Diksi agar dapat berpartisipasi dalam pengisian kuesioner yang berlangsung secara nasional, Ungkap penanggungjawab Kegiatan dari Polimdo, Antonius Manginsela, ST, MM. Mkom, didampingi penaggungjawab dari Disdikda Sulut, Debbie Mamangkey, Spd, MAP. Dan Efianus Tania, SE selaku ketua Forum LKP Sulut, Sabtu (28/11/2020).

Pada pertemuan Evaluasi sinergitas pendidikan vokasi, Wakil Direktur Bidang Akademik Polimdo Dra. Mareyke Alelo, MBA, mengajak semua pelaksana pendidikan Vokasi di Sulut untuk membangun jaringan dan mempererat simpul-simpul sinergitas program yang dapat diawali dengan penyesuaian Kurikulum di SMK atau LKP, yang mempunyai peluang untuk melanjutkan program pendidikan di Polimdo sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Kemendikbud yang dikenal dengan nama SMK-Fast Track. Program ini memungkinkan lulusan SMK langsung melanjutkan program diploma 2 di perguruan tinggi Polimdo.

Ia pun mengharapkan, dari sinergitas ini dapat memberikan manfaat bagi lulusan SMK dan LKP yang belum bekerja terutama peluang untuk merebut pekerjaan didalam maupun di luar negeri yang banyak dilakukan oleh oleh lulus Polimdo saat ini. Terutama dengan kebijakan pemerintah dan menetapkan Sulut sebagai daerah tujuan wisata utama yang memberikan peluang investasi dan terbukanya lapangan kerja baru yang tentu saja harus diisi oleh putra-putri dari Sulut.

Diketahui, pertemuan Evaluasi sinergitas pendidikan Vokasi di Sulut, sudah di laksanakan, bertempat perguruan tinggi Polimdo, pada Jumat (27/11/2020) kemarin.

Laporan: Putra Saleh

Komentar

News Feed