Bangladesh mengirim lebih banyak pengungsi Rohingya ke pulau terpencil meskipun ada kekhawatiran PBB

TOPIKTERKINI.COM – DHAKA: Hampir 1.800 pengungsi Rohingya dipindahkan ke sebuah pulau terpencil di Bangladesh pada hari Jumat, meskipun PBB khawatir tentang seberapa aman dan sukarela langkah tersebut.

Angkatan Laut Bangladesh memindahkan kelompok itu dari kamp-kamp di Cox’s Bazar ke Bhasan Char, yang berada di Teluk Benggala dan 30 kilometer dari daratan.

Bangladesh mengatakan telah membangun unit perumahan dan infrastruktur di Bhasan Char untuk 100.000 pengungsi untuk menghilangkan tekanan dari Cox’s Bazar, yang telah menampung lebih dari 1,1 juta pengungsi Rohingya. Rohingya adalah anggota kelompok etnis dan agama minoritas yang melarikan diri dari kekerasan dan penganiayaan di Negara Bagian Rakhine Myanmar selama penumpasan militer pada tahun 2017.

Dua upaya relokasi serupa membawa lebih dari 3.440 Muslim Rohingya ke pulau itu pada bulan Desember. Tetapi Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) prihatin tentang kerentanan pulau itu terhadap cuaca buruk dan banjir.

“Sebanyak 1.776 Rohingya telah dipindahkan ke Bhasan Char,” kata Laksamana Muda Mozammel Haque, komandan wilayah Chattogram angkatan laut, kepada Arab News. Mereka dibawa ke Chattogram dari kamp Cox’s Bazar pada hari Kamis dan tinggal di sini di kamp transit selama satu malam. Sekitar pukul 9:45 pagi, empat kapal yang membawa Rohingya mulai berlayar menuju pulau itu, ”katanya, seraya menambahkan bahwa kelompok lain yang terdiri dari 1.500 pengungsi akan diangkut ke Bhasan Char pada hari Sabtu.

UNHCR telah menyuarakan keprihatinannya tentang apakah relokasi tidak hanya aman, tetapi juga sukarela.

“Kami mengetahui laporan bahwa pemerintah Bangladesh mungkin segera merelokasi kelompok pengungsi lain ke Bhasan Char,” kata Mostafa Mohammad Sazzad Hossain, juru bicara UNHCR di Dhaka, kepada Arab News. PBB belum menjadi bagian dari proses ini.

Dia mengatakan PBB telah meminta untuk melakukan penilaian tentang keselamatan dan keberlanjutan kehidupan di Bhasan Char, tetapi badan tersebut masih belum mendapat izin dari pemerintah untuk melakukan evaluasi.

“Kami menekankan bahwa semua pergerakan ke Bhasan Char harus sukarela dan berdasarkan informasi lengkap mengenai kondisi kehidupan di pulau itu dan hak serta layanan yang dapat diakses oleh para pengungsi di sana,” tambah Hossain.

Pihak berwenang mengatakan Rohingya dengan senang hati memulai hidup baru mereka di pulau itu.

Menurut Haque, mereka yang berangkat ke Bhasan Char pada hari Jumat tampak “sangat bersemangat karena memiliki rumah baru”.

“Itu seperti piknik bagi mereka,” tambahnya. “Rohingya yang baru tiba telah menerima kunci rumah mereka di pulau itu. Kami akan memberi mereka makanan yang sudah dimasak selama tiga hari ke depan dan setelah itu semua keluarga akan mulai memasak di rumah mereka karena setiap keluarga disediakan kompor gas silinder. ”

Komisi Bantuan dan Pemulangan Pengungsi (RRRC), badan pemerintah yang mengawasi kesejahteraan Rohingya di Cox’s Bazar, mengatakan para pengungsi telah berbagi pengalaman baik mereka dari pulau itu dengan orang lain.

“Rohingya yang sudah berada di Bhasan Char telah berbagi pengalaman baik mereka tentang kondisi kehidupan di pulau itu dengan kerabat mereka di kamp pengungsi Cox’s Bazar,” kata komisaris tambahan RRRC Mohammad Shamsuddouza kepada Arab News. “Ini menginspirasi gelombang baru untuk datang untuk relokasi dan kami mengatur relokasi yang sesuai,” katanya, menambahkan bahwa semuanya atas dasar sukarela. “Dengan barang-barang pribadi mereka banyak dari mereka membawa ayam dan kambing untuk bepergian dengan kapal karena mata pencaharian mereka sangat luas di pulau itu.”

Sekitar 30 badan bantuan lokal mendukung para pengungsi di pulau itu.

Mohammad Arfin Rahman, seorang petugas medis di LSM Gonoshasthaya Kendra, mengatakan kepada Arab News bahwa fasilitas medis yang canggih akan segera tiba di Bhasan Char, sementara kompleks kesehatan yang dikelola pemerintah dengan 20 tempat tidur saat ini tersedia bagi mereka di pulau itu. – AN

Editor: Erank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *