China melakukan genosida terhadap Muslim Uighur: laporan

Beberapa aktivis mengatakan Xinjiang adalah rumah bagi jaringan luas kamp interniran di luar hukum yang telah memenjarakan setidaknya satu juta orang.

Newlines merilis sebuah laporan pada bulan Desember yang menuduh buruh etnis minoritas di Xinjiang dipaksa memetik kapas melalui program paksa yang dijalankan negara.

TOPIKTERKINI.COM – WASHINGTON: Perlakuan pemerintah China terhadap Uighur telah melanggar “setiap tindakan” yang dilarang oleh Konvensi Genosida Perserikatan Bangsa-Bangsa, sebuah laporan yang dituduhkan oleh puluhan pakar internasional pada Selasa.

Laporan dari lembaga think tank Newlines Institute for Strategy and Policy yang berbasis di Washington menawarkan analisis independen tentang tanggung jawab hukum apa yang dapat dipikul Beijing atas tindakannya di wilayah Xinjiang barat laut.

Aktivis hak asasi manusia mengatakan Xinjiang adalah rumah bagi jaringan luas kamp interniran di luar hukum yang telah memenjarakan setidaknya satu juta orang, yang telah dipertahankan China sebagai pusat pelatihan kejuruan untuk melawan ekstremisme.

“Orang Uighur menderita luka fisik dan mental yang serius akibat penyiksaan sistematis dan perlakuan kejam, termasuk pemerkosaan, pelecehan seksual, eksploitasi, dan penghinaan publik, di tangan petugas kamp,” kata laporan itu.

Pemerintahan presiden Donald Trump yang akan keluar menyatakan pada bulan Januari bahwa China melakukan genosida terhadap Uighur dan sebagian besar orang Muslim lainnya.

Sementara itu, anggota parlemen Kanada memberikan suara pada bulan Februari untuk memberi label perlakuan Beijing terhadap Uighur di Xinjiang sebagai genosida, dan para menteri meminta Perdana Menteri Justin Trudeau untuk secara resmi melabeli perlakuan tersebut.

Newlines mengidentifikasi lebih dari 30 ahli di bidang mulai dari hukum internasional hingga kebijakan etnis China yang dikatakan telah memeriksa bukti yang tersedia mengenai perlakuan Beijing terhadap orang Uighur dan Konvensi Genosida.

Konvensi tersebut disetujui oleh Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada bulan Desember 1948, dengan penandatangan termasuk China dan 151 negara lainnya.

Ini menawarkan beberapa definisi spesifik tentang genosida, seperti kondisi yang sengaja diberlakukan “yang dihitung untuk membawa kehancuran fisik (suatu kelompok) secara keseluruhan atau sebagian”.

Meskipun hanya melanggar sebagian dari konvensi dapat dikualifikasikan sebagai genosida, laporan tersebut menuduh pihak berwenang China “melanggar setiap tindakan yang dilarang” oleh definisi tersebut.

“Orang dan entitas yang melakukan … tindakan genosida adalah semua agen atau organ negara – bertindak di bawah kendali efektif Negara – yang mewujudkan niat untuk menghancurkan Uighur sebagai sebuah kelompok,” kata laporan itu.

Newlines, yang sebelumnya dikenal sebagai Center for Global Policy, merilis sebuah laporan pada bulan Desember yang menuduh buruh etnis minoritas di Xinjiang dipaksa memetik kapas melalui program paksa yang dijalankan negara.

Laporan tersebut – yang merujuk pada dokumen pemerintah online – mengatakan jumlah total yang terlibat di tiga wilayah mayoritas-Uighur melebihi perkiraan 2018 sebanyak 517.000 orang yang dipaksa memetik kapas sebagai bagian dari skema oleh ratusan ribu.

China membantah keras tuduhan kerja paksa yang melibatkan orang Uighur di Xinjiang dan mengatakan program pelatihan, skema kerja, dan pendidikan yang lebih baik telah membantu memberantas ekstremisme di wilayah tersebut. – AN

Editor: Erank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *