WASPADA, Ini Daftar 22 Provinsi Akan Alami Cuaca Buruk Sepekan ke Depan

Topikterkini.com.Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan dengan intensitas lebat dalam sepekan ke depan. Fenomena alam ini akan terjadi setidaknya di 22 Provinsi di Indonesia.

“BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/3/2021) malam.

Guswanto menyebutkan, setidaknya ada 22 wilayah/Provinsi yang akan terdampak dari fenomena alam tersebut. Wilayah tersebut diantaranya; Aceh, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

Selain itu juga terjadi di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca esktrem seperti puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es, dan sebagainya.

“Dan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin selama memasuki masa pancaroba tahun ini,” pungkasnya.

Sumber: Okezone
Editor: Sese

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *