oleh

Bupati Bangkep Pimpin Musrenbang RKPD Kecamatan Totikum Selatan Tahun 2022

Topikterkini.com.Bangkep – Bupati Banggai Kepulauan yang diwakili Asisten 1 Bidang pemerintahan Setda Kabupaten Bangkep, Dra, Abderiana Loro, MM, Membuka secara resmi Musrenbang RKPD tingkat Kecamatan Totikum Selatan, kamis (18 /3/2021). Kegiatan tersebut di laksanakan di BPU Kecamatan Totikum Selatan Desa Kalumbatan Kec. Totikum Selatan .

Camat Totikum Selatan. Apriyanto Pamolango, S.STP, mengawali sambutan pada kegiatan tersebut berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Musrenbang RKPD ini, tolong agar dapat lebih diperhatikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dia menitipkan harapan setiap kegiatan yang akan diusulkan dalam Musrenbang RKPD, haruslah yang menjadi prioritas di Desa.

Bupati Banggai Kepulauan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Setda Kabupaten Bangkep mengatakan bahw melalui musrenbang ini, mari bersama -sama untuk menyatukan tekad, pikiran, dan langkah-langkah untuk membangun Kabupaten Banggai Kepulauan, sekaligus untuk meningkatkan kerja sama yang lebih efektif dalam konteks pembangunan manusia secara komprehensif.

Disebutnya tahun 2020, laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bangkep mengalami keterlambatan sebesar 2,98 % yang disebabkan adanya pandemi Covid-19.

Perlu diketahui kata Abdiana Loro pada tahun 2022 merupakan tahun terakhir RPJMD Kabupaten Banggai Kepulauan, dan pada tahun 2017-2022 masih terdapat permasalahan yang harus diselesaikan.

“Tema kita tahun ini yaitu Mengoptimalkan Pengelolaan Potensi Ekonomi Lokal Dalam Meningkatkan Daya Saing dan Kemandirian Menuju Masyarakat Bangkep yang Maju dan Berkeadilan Sejahtera,”tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Bahwa saat ini, Pemerintah terus berupaya mengembangkan infrastruktur strategis diberbagai sektor, APBD kita terbatas, tidak semua dapat dibiayai dari APBD sehingga peran serta masyarakat dalam Pembangunan daerah harus ditingkatkan dan dimaksimalkan.

Lebih jauh disampaikan bahwa kedepan Pemerintah akan lebih berfokus pada peningkatan produktifitas di Bidang Pertanian, Bidang Perikanan, Bidang Pariwisata, Penyediaan Air Bersih serta yang paling penting adalah Penurunan Angka Stunting dengan tetap menjamin terlaksananya prioritas urusan wajib.

Sejumlah OPD Kabupaten Bangkep, pada kesempatan itu memaparkan Kinerjanya, berikut pemaparan masing masing OPD antara lain :

a. Pemaparan dari Bappeda dan Litbang Kabupaten Banggai Kepulauan tentang :
1) Bahwa kerangka regulasi Penyusunan RKPD, terdapat beberapa peraturan yaitu UU No. 25 Tahun 2004, UU No. 23 Tahun 2014 dan lain-lain.
2) Bahwa Kabupaten Banggai dikelilingi oleh kebanyakan Lautan dari pada Daratan.
3) Perencanaan Pembangunan terdiri dari :
a) Penyusunan Rencana.
b) Penetapan Rencana.
c) Pengendalian Pelaksanaan Rencana.
d) Evaluasi Pelaksanaan Rencana
e) Bahwa usulan harus yang mempunyai asas manfaat dan merupakan prioritas.

b. Pemaparan dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabuapaten Banggai Kepulauan tentang :
1) Program kegiatan tahun 2021, antara lain :
– Pembangunan Tempat Pelelangan Ikan di Desa Kalumbatan
– Pengaduan Perahu Kapal Penangkapan Ikan
– Pengadaan Instalasi Pabrik Es di Desa Kalumbatan.
– Pembangunan Rumah Genset untuk Pabrik Es di Desa Kalumbatan.
2) Program kegiatan tahun 2022, antara lain :
– Pengadaan Perahu Fiber.
– Pengadaan Sarana dan Prasarana Budidaya Rumput Laut.
– Pengadaan Bibit Rumput Laut.
– Pengadaan Sarana dan Prasarana Pabrik Es.

c. Pemaparan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Banggai Kepulauan tentang :
– Bahwa Adminduk sangat penting yg merupakan kebutuhan dasar.
– Pelayanan adminduk semakin dipermudah.
– Bahwa Dukcapil sementara mencanangkan program GISA (Gerakan indonesia Sadar Adminduk).

d. Pemaparan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Kepulauan tentang :
– Bahwa tahun depan rencananya akan dilaksanakan Festival Aktraksi Danau Tendetung.
– Perlu membangun jaringan air bersih di tempat pariwisata.
– Sebelum melakukan usulan, terlebih dahulu lahan yang digunakan sudah tersedia dan siap.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plt. Sekertaris Bappeda dan Litbang Kab. Bangkep HERMANTO MAR’UN, SP, MP, Kapolsek Totikum IPDA MUH. ABDURAHMAN AFIF HASIBUAN, S.Tr.K. rombongan OPD (Tim 1 Musrenbang) Kab. Bangkep, staf kantor Kecamatan Totikum Selatan, 80 orang peserta Musrenbang dari perwakilan Pemdes Se-Kecamatan Totikum Selatan.

Pleno Musrenbang RKPD tersebut, menghasilkan usulan yang merupakan skala perioritas masing-masing dibidang :
a. Kelompok Infrastruktur.
b. Kelompok Sosial Budaya.
c. Kelompok Ekonomi.
d. Kelompok Pengurangan Angka Stunting.

Untuk pelaksanaan Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten Banggai Kepulauan nantinya, Kec. Totikum Selatan akan diwakili oleh IKHSAN M. KASIM, NURMIYATI H. KODUTANO, dan NURIANI H. DIASAMO.Seluruh rangkaian kegiatan Musrembang RKPD di kecamatan Totikum selatan berlangsung lancar kegiatan dilaksanakan dengan tetap mempedomani protokol Kesehatan Covid-19.

Liputan: Husni Sese

Komentar

News Feed