oleh

Kunjungi Warga Bantaeng di Ambon, Ilham Azikin: Saya Bangga

TOPIKterkini.com–Ambon: Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin berkunjung ke Kelurahan Poko, Kecamatan Teluk Ambon, Selasa, 31 Maret 2021.

Di kampung ini, sebagian besar warga yang bermukim adalah warga asal Kabupaten Bantaeng.

Data dari Paguyuban Bantaeng di Ambon menyebut ada sedikitnya 200 kepala keluarga warga Bantaeng di Ambon. Mereka tersebar di sejumlah kecamatan di Ambon ini.

Ketua Paguyuban Bantaeng di Ambon, Suardi mengatakan, sebagian besar warga Bantaeng di Ambon berprofesi sebagai petani hortikultura, katanya.

Mereka mengembangkan pertanian sayuran sejak bertahun-tahun lamanya. Bahkan sebagian besar produksi sayuran di Ambon adalah buah karya dari warga Bantaeng, tutur Suardi.

“Tahun 2015, saya sendiri yang mendapatkan penghargaan dari Australia sebagai petani terbaik asal Ambon,” jelas dia.

Tidak hanya itu, petani asal Bantaeng juga mendapatkan penghargaan nasional dan regional. “Tahun 2018, gapoktan terbaik nasional itu dari Ambon. Petaninya adalah warga Bantaeng,” jelas dia.

Suardi juga mengapresiasi, kunjungan Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin ini sebagai bentuk perhatian pemerintah kabupaten.

“Kami sudah berpuluh-puluh tahun di sini. Tetapi baru kali ini ada bupati asal kampung kami yang datang mengunjungi kami,” jelas dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin memberikan apresiasi terhadap segala prestasi yang diperoleh warga asal Bantaeng di Ambon.

Dia menyebut, hal itu adalah sebuah kehormatan untuk kampung halamannya di Ambon. “Itu adalah sebuah kehormatan. Inilah yang senantiasa kita jaga. Pengabdian yang bapak dan ibu tunjukkan untuk Ambon adalah sumbangan dan prestasi juga untuk keluarga kita di Bantaeng,” kata Ilham.

Ilham Azikin mengaku bangga dan terharu dengan keberadaan warga Bantaeng di Ambon. Dia lalu berpesan, agar warga Bantaeng tetap menjaga silaturahmi, kebersamaan dan kedamaian baik sesama warga Bantaeng maupun dengan warga asal daerah lainnya, pesan Bupati.

“Saya sangat yakin, warga Bantaeng bisa menjaga ini,” jelas dia.

Warga Bantaeng Keluhkan Fasilitas Ambulans

Pada kesempatan itu Warga Bantaeng di Ambon curhat dengan Bupati Bantaeng, mereka membahas segala hal tentang sektor pertanian, pendidikan dan kesehatan.

Warga Bantaeng juga Keluhkan Fasilitas Ambulans, sejumlah warga meminta difasilitasi kendaraan ambulans saat memulangkan jenazah dari Ambon ke Makassar.

Mereka mengaku, ada beberapa warga Bantaeng yang ingin keluarganya dipulangkan dan dimakamkan di kampung halamannya saat meninggal dunia.

“Ini cukup membuat kita sulit, kita pada umumnya membutuhkan fasilitas ini (Ambulans,Red),” kata Suardi.

Bupati Bantaeng, meminta setiap warga Bantaeng di Ambon untuk menyimpan nomor kepala desa masing-masing. Tujuannya, jika ada yang sakit atau membutuhkan fasilitas ambulans, bisa menghubungi kepala desa untuk difasilitasi.

“Nanti kepala desa yang hubungi pak Kadis atau saya untuk disiapkan ambulans. Dua hari lalu, kita pulangkan jenazah dari Malaysia ke Bantaeng. ini juga berlaku untuk warga Bantaeng di Ambon,” tandas Bupati.

Laporan : Armin
Sumber : Humas Pemkab.

Komentar

News Feed