Pembangunan TPA Ilo-ilo Wori segera rampung pada bulan Desember 2021

Topikterkini.com, Manado | Tempat Pemprosesan akhir (TPA) Regional Ilo-ilo Wori, Minahasa Utara (Minut) akan segera selesai pada bulan Desember, hal itu disampaikan langsung oleh kepala balai prasarana pemukiman (Praskim) Wilayah Sulut, Rus’an M. Nur Taib.

“Pembangunan TPA Regional Ilo-ilo kami targetkan bulan Desember 2021 ini selesai dan bisa beroperasi pada tahun 2022,” ungkap Rus’an saat diwawancarai di Kantor DPRD Sulut.

Lanjutnya, perlu diketahui bangunan yang yang dibangun di TPA itu memang hanya dibuat khusus untuk Renville dan pelengkapnya ada bangunan lainnya yaitu dua kolam lindi, dimana kolam lindi menampung air dari bekas-bekas sampah yang sudah mengikuti proses yang ada. “Bukan itu saja yang kami bangun, adapun jalan masuk dan kantor operasional dari TPA ini, dan kami meyakini bulan Desember 2021 selesai, dan tahun 2022 bisa segera selesai,” jelasnya.

Lanjutnya, sedangkan pembangunan maupun proses lainnya itu bukan tanggungjawab dari Praskim, dan sisanya itu mungkin lebih tau dinas Perumahan kawasan pemukiman dan pertanahan (Perkim) daerah Provinsi Sulut, maupun Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut.

“Kontrak kami hanya 2 Tahun dan kami sangat-sangat optimis pengerjaan di pembangunan TPA Regional Ilo-ilo akan segera rampung Desember 2021 ini,” tuturnya.

Lahan di TPA Ilo-ilo regional Wori Minut bisa menampung sampah 1000 ton perhari, TPA ini dikhususkan bagi 4 Kabupaten/Kota yaitu Kota Manado, Minut, Kota Bitung dan Minahasa. “Namun ketiga kabupaten/kota punya Tempat Pembuangan akhir (TPA) didaerahnya masing-masing dan Masi mampu menampung, yang menjadi permasalahan saat ini hanya Kota Manado yang sudah tidak bisa menampung lagi sampah-sampahnya,” Pungkasnya.

Laporan: Putra Saleh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *