oleh

Lsm LIRA KONSEL Tolak penggunaan ruas jalan umum untuk pemuatan Ore Nikel PT. ASMINDO

TOPIKTERKINI.COM – KONSEL | Dewan Pengurus Daerah (DPD) Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung informasi Rakyat (LSM-LIRA) Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) Menolak secara tegas PT. Asera Mineral Indonesia (Asmindo) untuk menggunakan ruas jalan yang ada di Konsel yakni Kecamatan Angata, Benua, Andoolo Barat, Andoolo, dan Palangga.

Tentunya Penolakan tersebut bukan tanpa alasan yang jelas, yakni perusahan PT. Asmindo akan menggunakan ruas jalan untuk memuat Ore Nikel. Terlebih lagi perusahan memikirkan tidak dampak yang akan terjadi bila mana perusahan telah beroperasi, karna tentu pasti akan berdampak, baik dampak Debu ketika musim kemarau terlebih lagi kalau musim hujan tentu akan berdampak terjadi kerusakan jalan.

Ketum DPD LSM-LIRA Konsel Ilman, secara tegas menolak Perusahan tersebut karna menurutnya Perusahan memikirkan tidak akan dampak yang kemudian mereka rasakan, terlebih lagi Perusahan ini menggunakan jalan ruas khususnya di kecamatan palangga.

Perusahaan memikirkan tidak akan dampak yang akan di dapatkan masyarakat palangga mulai dampak Debu atau kendaran yang ketika memuat Ore nikel.

Ilman Menambahkan, pengangkutan ore nikel yang melintasi jalanan umum tanpa izin yang berwenang. Adalaha suatu tindak pidana. Undang Undang (UU) nomor 38 tahun 2004 tentang jalan. dan UU nomor 38 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan. Serta dalam UU 38 tahun 2004 pasal 12 ayat (1) disebutkan bahwa setiap orang dilarang melakukan perbuatan yang mengakibatkan terganggunya fungsi jalan didalam ruang manfaat jalan.

Ditempat berbedan Wakil SEKDA LIRA Muhammad Sopian menambahkan Penggunaan jalan umum tentu tetap tunduk pada peraturan undang undang nomor 38 tahun 2004 tentang jalan dan UU 22 tahun 2019 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Tentunya sebelum saja dijadikan tempat beroperasi perusahan, Kondisi jalan sudah kian sangat rusak parah, bagaimna kalo sudah dijadikan houling, maka akan sering memakan korban kecelakan lalu lintas. Bagaimna tidak kondisi jalan banyak terdapat kubangan Kerbau, belum lagi kendaraan muatan sepuluh roda bermuatan berat melintas tiap hari. Ucap Muhammad Sopian.

Berbicara akan dampak negatif jika terjadi Musim hujan tentunya akan berlumpur dan yang merasakan itu bukan perusahaan tapi masyarakat setempat yang terkena dampak, Seharusnya Pihak Pemerintah Provinsi (PEMPROV) tidak tutup mata akan persolan jalan yang ada di Kecamatan palangga karna ketika jalan bagus maka akses ekonomi akan bagus pula. Tegas Alfian Sapaan akrabnya.

Lanjutnya Sebagai Pemuda yang lahir dan besar di kecamatan palangga, kami tidak menolak investasi tapi pertanyaannya investasi itu bermanfaat tidak untuk kehidupan dan keberlangsungan hidup Masyarakat yang di Palangga. Tutup Wakil Sekda Lira Muhammad Sopian

Laporan: TIM

Komentar

News Feed