oleh

Pemda Buton Utara Serahkan Dokumen RPJMD 2021-2026 ke DPRD

TOPIKTERKINI.COM – BUTON UTARA | Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Buton Utara dengan agenda Penyampaian Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Buton Utara Tahun 2021-2026, di ruang sidang paripurna DPRD Kabupaten Buton utara.pada Selasa (18/05/2021)

Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD dan memperhatikan RPJMN, memuat arah kebijakan keuangan Daerah, strategi pembangunan Daerah, kebijakan umum, dan program Satuan Kerja Perangkat Daerah, lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah, dan program kewilayahan disertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif,

Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Buton Utara Diwan,S.Pd dan juga hadir Wakil Ketua DPRD Buton utara serta diikuti oleh para anggota Dewan Buton utara Lainnya,Serta Wakil Bupati Buton Utara,Kepala OPD dan forkopimda Buton Utara.

Pemda Buton Utara Serahkan Dokumen RPJMD 2021-2026 ke DPRDDalam Rapat Paripurna DPRD Buton Utara Wakil Bupati Buton Utara AHALI, SH.MH Menyampaikan Pertama tama saya ingin sampaikan bahwa Bupati Buton Utara Bapak Drs.H.Muh.Ridwan Zakariah tidak sempat untuk menghadiri Rapat Paripurna DPRD saat ini, karna Beliau masi ada urusan diluar daerah yang lebih penting untuk kepentingan daerah Buton Utara ke depan

Maka dari itu Melalui wakil bupati secara resmi menyerahkan
Rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Buton Utara Tahun 2021-2026, kepada pimpinan DPRD Kabupaten Buton Utara.sebagaimana amanat peraturan Mentri dalam Negri Nomor 86 tahun 2017 pasal 49 ayat (2) Bahwa RPJMD diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah untuk dibahas dan memperoleh kesepakatan.

Dalam sambutannya wakil Bupati menyampaikan bahwa proses pembangunan di kabupaten Buton Utara sudah berlangsung kurang lebih selama 13 tahun, Beberapa capaian pembangunan dalam dua Periode RPJMD telah di torehkan

Namun demikian, capaian pembangunan tersebut tidak seharusnya membuat kita berpuas diri sebab masih banyak hal atau permasalahan pembangunan di kabupaten Buton utara yang harus memerlukan perhatian yang sangat serius dari semua komponen khususnya kami selaku pemerintah daerah yang di beri mandat oleh Masyarakat Buton Utara selam 5 tahun yang akan datang untuk membenahi pembangunan di kabupaten Buton Utara.Beberapa masalah pembangunan tersebut adalah:

1.Masih Rendahnya Indeks Pembangunan Manusia(IPM),Kualitas Layanan Kesehatan belum Memadai,Belum terpenuhinya kualitas tenaga pendidikan dan tenaga medis sesuai standar.IPM Buton Utara sampai tahun 2020 sebesar 67,87 masih lebih rendah dari IPM Nasional 71,94 dan IPM Provinsi 71,45.

2.Kualitas Infrastruktur Belum Memadai(jalan kondisi baik buruk 41,2℅,jaringan irigasi belum memadai,masih banyak wilayah yang belum tersambung dengan jaringan Telekomunikasi,Cakupan air bersih yang layak masih rendah,dan masih tedap rumah tdk layak huni).

3. Menurunnya pertumbuhan ekonomi,Tingkat kemiskinan masih tinggi di angka 4,10℅ sampai tahun 2020,Pengangguran terbuka meningkat serta ketersediaan lapangan kerja yang terbatas.

4.Reformasi Birokrasi belum dilaksanakan secara optiml.

5.Masih adanya kekerasan terhadap perempuan dan anak serta tuntutan Global dan Nasional terkait pengarusutamaan gender.

Dengan permasalahan-permasalahan tersebut akan menjadi perhatian utama kami untuk diselesaikan selama Lima tahun ke depan yang akan di tuangkan dalam Dokumen RPJMD tahun 2021-2026.ucap wakil bupati.

Lanjut,Rencana Pembangunan Jangan Menengah Daerah(RPJMD) Buton Utara yang kita susun ini merupakan RPJMD Periode terakhir dalam RPJPD Kabupaten Buton Utara 2010-2025.Dokumen RPJMD ini Merupakan penjabaran dari visi dan misi Bupati dan Wakil serta janji janji politik yang telah kami sampaikan pada saat kampanye dihadapan masyarakat Kabupaten Buton Utara.
Adapun Visi Kabupaten Buton Utara Lima tahun ke depan adalah”Terwujudnya Buton Utara yang Maju,Adil,dan Sejatrah.Visi Tersebut diwujudkan dalam 5 Misi yaitu.

1.Meningkatkan Sumber daya Manusia yang Berdaya saing dan terampil melalui peningkatan Aksesibilitas,Kualitas,Pendidikan,dan Kesehatan.

2. Peningkatan kualitas Infrastruktur dan Optimalisasi pembangunan sistem Infrastruktur wilayah terpadu
dan berkelanjutan guna mewujudkan pertumbuhan ekonomi inklusif.

3. Penguatan ekonomi yang berdaya saing melalui inovasi pengembangan sektor unggulan,dan investasi berbasis potensi daerah.

4. Penguatan ekonomi yang berdaya saing melalui inovasi pembangunan sektor unggulan,dan investasi berbasis potensi daerah.

5. Meningkatkan kesadaran Masyarakat dan partisipasi gender dalam mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang demokratis Aman,nyaman,dan religius.

Mudah mudahan apa yang kita lakukan akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat luas demi terwujudnya Buton Utara yang Maju,Adil,dan Sejatrah.tutup AHALI dalam sambutannya.

Laporan: Jean Arsat

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed