oleh

Gempa berkekuatan 7,3 melanda China tengah beberapa jam setelah gempa pertama menewaskan 3 orang di selatan

TOPIKTERKINI.COM – BEIJING: Gempa kuat dan dangkal mengguncang China barat daya dekat perbatasan dengan Myanmar, menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai lebih dari dua lusin saat pihak berwenang menyerbu barang bantuan termasuk tenda ke daerah itu.

Gempa kedua berkekuatan 7,3 skala Richter melanda Sabtu pagi bagian selatan provinsi Qinghai di China tengah, sekitar 1.000 kilometer (621 mil) utara gempa pertama, tetapi tidak ada laporan tentang korban atau kerusakan di daerah berpenduduk jarang itu.

Ahli geofisika Survei Geologi AS Jonathan Tytell mengatakan kedua gempa itu tidak ada hubungannya.

Biro seismologi provinsi Yunnan menyebutkan gempa Jumat malam berkekuatan 6,4 dan mengatakan gempa itu melanda 8 kilometer (5 mil) di bawah permukaan barat laut kota Dali.

Gempa dangkal sering kali menyebabkan lebih banyak kerusakan, terutama di daerah berpenduduk.

Gempa tersebut menyebabkan guncangan kuat di sekitar Dali, tetapi laporan berita China menunjukkan kerusakan yang relatif kecil.

Tiga orang tewas dan 27 lainnya luka-luka, kata pihak berwenang setempat kepada penyiar CCTV, Sabtu.

Upaya bantuan sedang dilakukan, dengan otoritas provinsi mengirimkan jatah dan tenda darurat ke daerah-daerah yang terkena bencana.

Tahun lalu, gempa bumi berkekuatan 5 di Yunnan menewaskan empat orang dan melukai 23 lainnya.

Gempa bumi terparah di China dalam beberapa tahun terakhir melanda pegunungan bagian barat provinsi Sichuan di utara Yunnan pada tahun 2008, menewaskan hampir 90.000 orang. – AN

Editor: Erank

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed