oleh

Bupati Banggai Gelar Konsultasi Awal terkait RPMJD 2021-2026

Topikterkini,Banggai – Pemerintah Kabupaten Bangga menggelar Konsultasi Publik terkait Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026, Rabu (23/06/2021).

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Pahangkabotan Kantor Bappedalitbang Kabupaten Banggai itu dihadiri Bupati dan Wakil Bupati, Ketua, Wakil Ketua 1 dan Wakil Ketua 2 DPRD Banggai bersama Anggota, Dandim 1308/LB, Kapolres Banggai, Danposal, Sekda, Asisten 1 dan 2, Staf Ahli Bupati, Staf Khusus Bupati, Kepala Bappeda, Para Pimpinan OPD, Tokoh Masyarakat, Agama dan Tokoh Adat, Ketua Tim Penggerak PKK, Para Pimpinan Perbankan, Praktisi pendidikan, (Para Camat, Lurah dan Kepala Desa Melalui Zoom/Virtual) di tempatnya masing masing.

Bupati Banggai H. Amirudin dalam sambutan menyampaikan Pelaksanaan forum konsultasi publik merupakan tahapan paling awal dalam Penyusunan RPJMD, yang bertujuan untuk menjaring aspirasi masukan, saran dan dukungan dari para pemangku kepentingan, Ungkap Bupati.

“Dokumen RPJMD merupakan dokumen perencanaan lima tahun yang memuat visi, misi dan program prioritas daerah yang selanjutnya di jadikan pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan baik itu pemerintah, masyarakat, maupun dunia usaha dalam mewujudkan visi dan misi RPJMD Kabupaten Banggai Tahun 2021-2026 secara sinergi, efektif dan tepat sasaran,” kata Bupati Banggai H. Amirudin.

Visi kami dalam RPJMD Kabupaten Banggai yaitu “terwujudnya banggai maju, mandiri dan sejahtera berbasis kearifan lokal”,Enam Misi sebagai panduan operasional dalam mencapai visi kabupaten banggai Tahun 2021-2026 adalah sebagai berikut :
1. Membangun sumber daya manusia berkualitas, produktif dan sejahtera
2. Menciptakan kemandirian ekonomi yang produktif dan berdaya saing melalui pemanfaatan ekonomi
3. Mempercepat pertumbuhan dan pemerataan infrastruktur serta penanggulangan bencana
4. Meningkatkan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan yang berbasis lingkungan
5. Pengembangan pariwisata dan budaya serta nilai keagamaan
6. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan dan akuntabel, Papar Bupati.

“Saya berharap kepada seluruh pemangku kepentingan untuk senantiasa memberikan dukungan secara penuh demi terlaksananya pembangunan di kabupaten banggai karena keterlibatan semua pihak akan menjadi daya dorong yang kuat demi terwujudnya Kabupaten Banggai yang maju dan sejahtera dengan tema “Banggai Lebih Baik” Di maknai sebagai kondisi lebih maju, lebih mandiri, lebih sejahtera,” ujarnya.

Menurut H. Amirudin Banggai Lebih Baik di tunjukkan oleh kondisi sumber daya manusia yang berkualitas, ekonomi yang lebih mandiri, infrastruktur dasar dan wilayah yang lebih memadai, pengelolaan sumber daya alam yang lebih baik dan menguntungkan daerah, pengelolaan pariwisata yang lebih baik di landasi dengan kearifan lokal dan di barengi tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

H. Amirudin menambahkan, pada dasarnya pembangunan ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Oeh karenanya dalam proses pembangunan harus memperhatikan norma-norma yaitu pembangunan tidak boleh menciptakan dan memperlebar ketimpangan, serta pertumbuhan ekonomi yang di kejar tidak boleh menurunkan daya dukung dan menimbulkan kerusakan lingkungan,” tutupnya.

Laporan : Apri

Komentar

News Feed