oleh

Personel Polsek Bunta Tinjau Lokasi Bencana Puting Beliung

Topikterkini.com.Banggai – Personel Polsek Bunta lakukan peninjauan kelokasi bencana angin puting beliung di Desa Lontio, Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai. Senin (28/06/2021).

Peristiwa angin Puting Beliung disusul hujan deras terjadi di Desa Lontio, Kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai, pada Senin (28/6/2021) sekitar pukul 10.30 Wita.

Kapolsek Bunta Iptu Nanang Afrioko SH, MH, mengungkapkan, peristiwa angin puting beliung tersebut mengakibatkan rumah warga dan bangunan pemerintah rusak, serta tanaman kelapa maupun Cengkih tumbang.

“Musibah angin Puting Beliung ini berlangsung sekitar 20 menit. Kemudian disusul hujan deras,” ungkap Iptu Nanang Afrikoko.

Adanya musibah itu, Iptu Nanang menjelaskan, pihaknya mencatat sekitar 4 rumah warga mengalami kerusakan, yaitu rumah milik Rahman Husain (50), Nining Hasan (30), Jamina Hasan (67), dan Risno Tinaja (40). Sedangkan bangunan pemerintah yang rusak berupa perumahan guru SDN Lontio sebanyak 2 unit.

“Rata-rata rumah mengalami kerusakan di bagian atap karena terbawa angin. Kerugian yang dialami warga untuk bangunan rumah dan bangunan pemerintah sekitar Rp 21 juta,” jelas Iptu Nanang.

Tak hanya itu, Iptu Nanang menyebutkan, terdapat 15 warga juga mengalami kerugian lain akibat tanaman pohon kelapa dan Cengkih tumbang diterjang angin Puting Beliung tersebut.

“Ada sekitar 10 hingga 25 pohon Cengkih tumbang. Dan setelah di data kerugian akibat tanaman warga yang rusak mencapai Rp 83 juta,” sebut Iptu Nanang.

Selain itu, Iptu nanang menambahkan, hujan dengan intensitas tinggi setelah angin Puting Beliung juga mengakibatkan jalan di Desa Lontio sepanjang 200 meter tertimbun longsor.

“Warga yang rumahnya mengalami kerusakan untuk menumpang di rumah keluarganya. Kita juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Lontio dan unsur Forkopimcam untuk secepatnya memperbaiki rumah warga yang rusak tersebut,” tutup Iptu Nanang.

(Afry)

Komentar

News Feed