oleh

Wakili Bupati , Wabup Banggai Buka Acara SPIP dan MR Dilingkup Pemkab Banggai

Topikterkini.com.Banggai – Wakili Bupati Banggai, Wabup buka Acara Bimtek Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Manajemen Risiko (MR) di Lingkup Pemkab Banggai tahun 2021. Kamis (1/7/2021).

Acara yang berlangsung di Hotel Santika, Kelurahan Tombang Perma ini terselenggara berkat kerjasama Inspektorat Daerah Kabupaten Banggai dan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah.

Mewakili Bupati Banggai. Wabup Banggai, Drs. H. Furqanuddin Masulili, menyampaikan, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dijelaskan bahwa SPIP adalah Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Sedangkan istilah SPI/SPIP sendiri, yaitu proses yang integral pada tindakan dan kegiatan pemerintahan yang dilakukan dari waktu ke waktu oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi. Peraturan Pemerintah (PP) tersebut telah ditetapkan pada tanggal 28 Agustus 2008.

Melalui kesempatan itu, Wabup juga berharap kepada peserta agar menyimak dan mengimplementasikan dengan baik SPIP di Kabupaten Banggai, walaupun diketahui bahwa SPIP di Kabupaten Banggai telah mencapai level 3 atau level memadai.

Selain itu, selama kegiatan berlangsung Wabup berharap agar semua peserta bisa memperhatikan protokol kesehatan dengan menanti 5 M.

Hadir pada kesempatan itu Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat, Kasubag dan peserta Bimtek SPIP.

Laporan: Afry

Komentar

News Feed