oleh

Irigasi Panaikang tertimpa Longsor 146 Hektar Lahan Pertanian Terancam

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin bersama sejumlah petani di Kecamatan Bissappu melakukan kerja bakti di Panaikang, Kecamatan Bissappu, Sabtu, 10 Juni 2021.

Kegiatan itu dilakukan untuk menyelamatkan daerah irigasi yang tertimpa longsor akibat curah hujan yang tinggi, beberapa hari sebelumnya.

Bupati Bantaeng bersama petani kerja bakti di Panaikang, Kecamatan Bissappu, Sabtu 10 Juli 2021.

Daerah irigasi yang tertimpa longsor itu diketahui adalah daerah irigasi Panaikang I, Infrastruktur ini adalah irigasi untuk aliran air dari bendungan Panaikang yang mengairi lebih dari 146 hektare sawah di beberapa desa di Kecamatan Bissappu.

Dalam kesempatan itu, Ilham Azikin juga berbincang santai dengan sejumlah petani yang melakukan kerja bakti. Dia memberikan apresiasi kepada semua petani yang bekerja untuk kepentingan orang banyak.

Dia juga memerintahkan kepada Dinas PU dan Dinas Pertanian untuk mengantisipasi longsor susulan dengan mendata titik-titik rawan longsor. “Segera data dimana saja titik rawan longsor di kawasan daerah irigasi ini. Kita antisipasi segera, apa yang perlu dilakukan,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Budi Taufiq mengatakan, irigasi itu sangat penting untuk dibenahi akibat bencana longsor. Dia menyebut, ada banyak kawasan persawahan yang terancam jika irigasi ini tertimpa longsor.

“Kami bersama dengan petani di daerah ini terus kerja bakti untuk membuka daerah irigasi ini dari material longsor, secepatnya agar petani bisa mendapatkan pengairan kembali,” jelas dia.

Laporan : Armin

Komentar

News Feed