oleh

Percepat LHKPN ASN, Bupati Tolitoli Lakukan InspeksiI ke Inspektorat

Topikterkini com Tolitoli -Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya didampingi Sekretaris Daerah Moh. Asrul Bantilan, S.Sos rabu pagi (14/7), melakukan inspeksi ke Inspektorat Daerah Kabupaten Tolitoli untuk melihat langsung proses percepatan penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) oleh seluruh Pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli.

LHKPN, merupakan laporan yang wajib disampaikan oleh pejabat selaku penyelenggara negara mengenai harta kekayaan yang dimilikinya saat pertama kali menjabat, mutasi, promosi, dan pensiun. Kewajiban lain yang menyertai LHKPN adalah mengumumkan harta kekayaan dan bersedia dilakukan pemeriksaan terhadap harta kekayaannya.

Tujuan dari pembuatan LHKPN adalah sebagai bagian dari wewenang yang dimiliki Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yaitu melaksanakan langkah atau upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi atara lain dengan melakukan pendaftaran dan pemeriksaan terhadap LHKPN.

Saat melakukan inspeksi, Bupati Amran Hi. Yahya diterima oleh Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Daerah Kabupaten Tolitoli M.N.M.T Masyhur, SH yang langsung memberikan penjelasan kepada Bupati terkait percepatan pelaporan LHKPN.

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa LHKPN wajib diisi oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai bentuk transparansi ASN untuk menjaga integritas dirinya agar tidak terlibat dalam tindak praktik korupsi.

“Kewajiban ini juga sebagai bentuk ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan utamanya dalam mencegah tindakan koruptif serta mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang,”Pungkas Bupati Amran H Yahya.

Laporan: Andi Iswana

Komentar

News Feed