Inggris akan menempatkan dua kapal perang secara permanen di perairan Asia

TOPIKTERKINI.COM – TOKYO: Inggris mengatakan pada hari Selasa bahwa pihaknya akan secara permanen mengerahkan dua kapal perang di Asia setelah kapal induk Ratu Elizabeth tiba di Jepang pada bulan September, melintasi perairan di pusat ketegangan antara China, Amerika Serikat dan sekutunya Jepang.

Rencana kunjungan profil tinggi oleh kapal induk yang memimpin armada Angkatan Laut Kerajaan datang ketika London memperdalam hubungan keamanan dengan Tokyo, yang telah menyatakan kekhawatiran yang meningkat dalam beberapa bulan terakhir atas ambisi teritorial China di kawasan itu, termasuk Taiwan.

“Menyusul pengerahan perdana kelompok penyerang, Inggris akan secara permanen menugaskan dua kapal di kawasan itu mulai akhir tahun ini,” kata Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace dalam pengumuman bersama di Tokyo dengan timpalannya dari Jepang Nobuo Kishi.

Setelah kedatangan mereka di Jepang, kata Kishi, Ratu Elizabeth dan kapal pengawalnya akan berpisah untuk panggilan pelabuhan terpisah ke pangkalan angkatan laut utama AS dan Jepang di sepanjang kepulauan Jepang.

Kapal induk Inggris, yang membawa jet siluman F-35, akan berlabuh di Yokosuka, markas komando armada Jepang dan kapal induk Armada Ketujuh Angkatan Laut AS, USS Ronald Reagan. – AN

Editor: Erank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *