Tuntut Pihak Ekspedisi Bayar Upah, Puluhan Buruh TKBM Permata Tangkiang Banggai Mogok Kerja

Topikterkini.com.Banggai – Buruh yang tergabung dalam Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Permata Tangkiang menggelar aksi mogok kerja di Pelabuhan Tangkian, Kamis 21 Juli 2021.

Aksi mogok kerja ini sempat membuat aktivitas di Pelabuhan Tangkiang lumpuh. Para buru hanya mengijinkan truk mengangkut kotainer yang sudah dibayarkan, sementara yang belum dibayarkan belum bisa dikeluarkan.

Aksi massa buruh yang sudah berlangsung beberapa hari itu, menuntut pihak perusahaan ekspedisi membayarkan hak mereka yaitu upah buruh selama dua kali pembongkaran.

“Kita menuntut hak kami untuk dibayarkan. Sudah dua kali pembongkaran upah buruhnya belum dibayarkan, siapa yang tidak marah kalau haknya tidak dibayarkan,” ujar Ketua TKBM Permata Tangkiang Abdul Muis.

Menurutnya hak itu harus mereka terima, berdasarkan surat kesepakatan bersama dan surat yang dikeluarkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai. Bahwa dasar upah buruh transport, itu berdasarkan pada OPP/OPT area kerja pelabuhan Luwuk Tahun 2017.

Aksi damai untuk menuntut pembayaran upah ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian Polres Banggai, massa berkumpul di diarea pelabuhan.

“Kita kumpul disini untuk memperjuangkan nasib kita, karena upah 2 kali pembongkaran belum dibayar. Kalau tidak ada kejelasan kami akan mendatangi perusahaan,” kata Ketua TKBM Abdul Muis.

Setelah langkah mediasi dilakukan dengan cukup alot, antara pihak pengamanan dengan massa buruh, disepakatilah jika permasalahan ini akan kembali dibahas bersama dengan unsur-unsur terkait. Aktivitas pelabuhan kembali berjalan normal.

Liputan : Afry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *