Ribuan anak Yaman dicuci otak di ‘kamp musim panas’ Houthi sebelum mengirim mereka ke medan perang

TOPIKTERKINI.COM – ALEXANDRIA: Houthi yang didukung Iran telah mengatur upacara kelulusan untuk ribuan anak yang bergabung dengan kamp musim panas mereka tahun ini di daerah padat penduduk Yaman di bawah kendali mereka.

Upacara terbesar diselenggarakan di Sanaa, di mana ratusan anak, kerabat mereka, dan pejabat Houthi muncul untuk melihat anak-anak yang lulus menunjukkan keterampilan mereka.

Houthi mengklaim bahwa selama 45 hari, anak-anak dididik, dilatih, dan “diimunisasi dari budaya palsu.”

Namun pejabat pemerintah Yaman dan aktivis hak asasi manusia menuduh kelompok tersebut menggunakan kamp-kamp tersebut untuk mengindoktrinasi anak-anak Yaman dengan ideologi sektarian dan propaganda antisemit, sebelum mengirim mereka ke medan perang.

“Kamp-kamp ini mempersiapkan anak-anak dan remaja untuk menjadi bagian dari mesin perang,” Ahmed Al-Qurashi, direktur Organisasi SEYAJ untuk Perlindungan Anak, mengatakan kepada Arab News.

Selama upacara di Sanaa, Saada, Hajjah, Hodeidah dan Al-Bayda, anak-anak dalam pakaian militer menunjukkan keterampilan tempur mereka dan meneriakkan slogan-slogan mengutuk AS dan Israel, menyalahkan mereka karena memulai perang di Yaman.

“Kami memberi tahu dunia bahwa pemuda Yaman berada di garis depan dalam memerangi agresi brutal. Orang-orang ini mengatakan tidak pada budaya terkutuk AS dan Israel,” kata seorang tokoh Houthi pada pertemuan di Sanaa, ketika anak-anak di dekatnya membawa slogan gerakan dan gambar para pemimpin di hadapan kerabat mereka.

Orang tua di Sanaa memperingatkan bahwa keluarga Houthi membuat daftar hitam yang tidak mendorong anak-anak untuk bergabung dengan kamp perekrutan selama liburan musim panas sekolah.

“Ada proses cuci otak yang jelas terjadi pada anak-anak kami, dan kami tidak bisa berbuat apa-apa atau akan dituduh sebagai tentara bayaran. Kamp-kamp dan pusat-pusat itu mengubah anak-anak kita menjadi tentara yang setia kepada Abdul Malik Al-Houthi,” Mohammed, ayah setengah baya dari seorang anak yang bergabung dengan kamp-kamp Houthi, mengatakan kepada situs berita Al-Sahwa.

Dia menambahkan bahwa dia kemudian harus mendidik kembali anaknya di rumah untuk mengoreksi beberapa ideologi radikal yang diajarkan Houthi.

Jamel, seorang siswa berusia 11 tahun, mengatakan kepada situs berita yang sama bahwa dia “belajar di kamp-kamp Houthi tentang Islam yang sebenarnya dan dididik tentang mengungkapkan kesetiaan kepada Houthi dan membenci AS dan Israel.”

Ketika Houthi pertama kali menuntut orang-orang di daerah mereka mengirim anak-anak mereka ke kamp musim panas, pejabat dan aktivis Yaman dengan cepat memperingatkan orang-orang agar tidak bergabung dengan acara tersebut, dan mengatakan bahwa kelompok itu “mendoktrin anak-anak untuk bergabung ke medan perang dan membenci Yaman dan Barat.”

Namun, Organisasi SEYAJ mengatakan dalam sebuah laporan bahwa Houthi telah merekrut lebih dari 500.000 anak-anak melalui kamp musim panas pada tahun 2021.

“SEYAJ khawatir akan banyak anak-anak yang terlibat dalam tawuran. Kami menyerukan kepada kelompok Houthi untuk segera menghentikan perekrutan dan keterlibatan anak-anak dalam konflik bersenjata, dan penggunaan sekolah untuk tujuan militer.”

Al-Qurashi mengatakan bahwa Houthi merayu anak-anak untuk bergabung dengan pusat perekrutan dan kamp musim panas melalui insentif keuangan.

Keluarga yang mengirim anak-anak mereka ke medan perang atau kamp musim panas diberi uang dan keranjang makanan. Anak-anak yang direkrut biasanya diberi julukan Mujahid.

“Gelar-gelar itu memberi remaja status sosial yang besar dan mereka menganggapnya penting,” katanya.

Sebuah laporan bersama yang dirilis oleh Euro-Mediterranean Human Rights Monitor dan SAM for Rights and Liberates pada bulan Februari mengatakan bahwa Houthi mengubah sekolah dan fasilitas pendidikan lainnya menjadi kamp militer, dan memodifikasi buku teks dengan teks yang menghasut kekerasan dan memuliakan gerakan tersebut.

“Houthi juga sengaja menggunakan sekolah dan fasilitas pendidikan untuk tujuan militer dan menggunakan sistem pendidikan untuk menghasut kekerasan dan mengindoktrinasi siswa dengan ideologi kelompok. Mereka melakukan ini dengan memberikan ceramah dengan konten propaganda sektarian dan mempromosikan kemenangan militer mereka,” kata laporan itu. – AN

Editor: Erank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *