UNICEF memperingatkan jutaan orang Lebanon menghadapi kekurangan air

TOPIKTERKINI.COM – BEIRUT: Lebih dari 4 juta orang di Lebanon dapat menghadapi kekurangan air yang kritis atau terputus sama sekali dalam beberapa hari mendatang, UNICEF memperingatkan, karena krisis bahan bakar yang parah.

Lebanon, dengan populasi 6 juta, berada pada titik terendah dalam krisis keuangan dua tahun, dengan kekurangan bahan bakar minyak dan bensin yang berarti pemadaman listrik yang luas dan antrean panjang di beberapa pompa bensin yang masih beroperasi.

“Fasilitas vital seperti rumah sakit dan pusat kesehatan tidak memiliki akses ke air bersih karena kekurangan listrik, membahayakan nyawa,” kata Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta Fore dalam sebuah pernyataan.

“Jika empat juta orang terpaksa menggunakan sumber air yang tidak aman dan mahal, kesehatan dan kebersihan masyarakat akan terganggu, dan Lebanon dapat melihat peningkatan penyakit yang ditularkan melalui air, di samping lonjakan kasus COVID-19,” katanya, mendesak pembentukan pemerintahan baru untuk mengatasi krisis. – AN

Editor: Erank

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *