oleh

Berantas Halinar, Kepala Rutan Bantaeng Pimpin Penggeledahan

TOPIKterkini.com–Bantaeng: Kemenkumham berupaya membebaskan seluruh Rutan dan Lapas di Indonesia dari praktik pungutan liar dan narkoba dengan program Getting to Zero Halinar.

Menindaklanjuti arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Harun Sulianto, Deteksi Dini pada seluruh area Lapas dan Rutan mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di tengah masa Pandemi COVID-19 yang masih terus berlangsung hingga saat ini, Kepala Rutan Bantaeng pimpin langsung Penggeledahan Kepemilikan HP, Pungli dan Narkoba (HALINAR) pada Blok dan Kamar Hunian Warga Binaan, Rutan kelas IIB Bantaeng Jln. Mawar, Rabu, 25 Agustus 2021.

Petugas laksanakan penggeledahan di Blok hunian Warga binaan Rutan kelas IIB Bantaeng dengan tertib, Rabu 25 Agustus 2021.

Kepala Rutan, Ince Muh. Rizal didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Amir, memulai kegiatan tersebut pada pukul 20:30 WITA sampai selesai.

Giat ini diawali dengan briefing oleh kepala pengamanan Rutan. Dalam arahannya Amir tegaskan kepada petugas geledah agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan tidak mengacak acak barang milik WBR.

“Tetap patuhi protokol kesehatan. Saat melakukan penggeledahan, usahakan agar pakaian warga binaan tetap pada tempatnya dan tidak dibuang kesana kemari”tegas Amir kepada seluruh petugas.

Operasi penggeledahan tersebut dimulai dari Blok A (Kamar 4), Blok B (Kamar 6 dan 7), dan Blok C (Kamar 14) dengan sasaran untuk menyita barang-barang terlarang seperti narkoba, handphone dan sejenisnya juga beberapa barang yang kiranya memiliki potensi untuk menimbulkan gangguan kamtib.
Selain bertujuan untuk memberantas peredaran narkoba dan sejenisnya di masa pandemi COVID-19, razia ini juga memiliki fungsi untuk meminimalisir terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban.

Pada kesempatan itu Kepala Rutan Bantaeng Ince Muh. Rizal imbau petugas geledah jika menemukan barang selain narkoba yang berpotensi memicu gangguan Kamtib, agar menjelaskan kepada pemilik alasan penyitaan.

“jika terdapat barang selain narkoba dan dianggap memiliki potensi jika terjadi gangguan kamtib, beri alasan kepada warga binaan kenapa barang tersebut disita serta diperingatkan untuk tidak membawa barang tersebut lagi kedalam Lapas dan Rutan” Pesan Ince kepada seluruh petugas.

Berdasarkan hasil penggeledahan yang dilaksanakan, tidak ditemukan satupun barang-barang terlarang seperti narkoba, handphone dan sejenisnya

Laporan : Humas Rutan (rls)
Editor. : Armin

Komentar

News Feed