Diterima Gubernur dan Wagub Sulteng, Satgas KPK RI Wilayah IV sampaikan 8 Poin

Topik terkini.com.Palu – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura bersama Wakil Gubernur , Drs. Mamun Amir , Menerima Satgas KPK RI Wilayah IV, Niken Aria dan rombongan untuk menyampaikan hasil Korsubgah KPK di Sulawesi Tengah , Jumat, 3 September 2021.

Pada kesempatan Itu Gubernur H. Rusdy Mastura , menyampaikan kepada Satgas KPK untuk diberikan arahan dan masukan agar Kami Bersama Wakil Gubernur dapat menjalankan amanah rakyat dengan baik dan juga kami ingin meluruskan niat saya dengan bapak Wakil Gubernur untuk memperbanyak pahala dan ibadah dalam melaksanakan amanah yang diberikan masyarakat .

Niken Astuti Kasatgas KPK Wilayah V , menyampaikan bahwa ada delapan Area Intervensi Korsubgah KPK antara lain :,

1. Perencanaan dan Pengesahan APBD.

2. Pengadaan Barang dan Jasa.

3. Peningkatan Kapasitas APIP.

4. Manajemen ASN.

5. Optimalisasi Pendapatan Daerah.

6. PTSP.

7. Manajemen Aset Daerah.

8 . Dana Desa.

Niken juga menyampaikan ada Daerah untuk memenuhi Fokir DPRD sampai meminjam , diharapkan Pokir DPRD harus masuk dalam RKPD, selanjutnya KPK berharap Pokir jangan dibuat kecil kecil alokasi anggarannya karena tidak memberikan dampak berarti kepada masyarakat, Pokir DPRD juga menjadi perhatian KPK

Selanjutnya KPK juga sangat melihat tentang perencanaan dan Pengesahan APBD , alasan apa yang membuat terlambat pengesahan APBD.

Selanjutnya KPK menganjurkan untuk membentuk Komite Advokasi Daerah (KAD) sebagai upaya pencegahan Korupsi pada Dunia Usaha, hal ini sangat penting karena 704 Penindakan yang dilakukan KPK pada Tindak Pidana Penyuapan yang dilatarbelakangi :

1. Pengurusan Perijinan.

2. Pengadaan Barang dan Jasa.

3. Pengajuan Anggaran.

4. Jual Beli jabatan.

5. Pengawalan Hukum.

Pembentukan KAD untuk membangun Bisnis yang bertintegritas dan bisa mencegah terjadinya Suap menyuap.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , menyampaikan ucapan terimakasih yang telah menyampaikan masukan yang sangat berharga untuk dilaksanakan Pemerintah Daerah , Gubernur menyampaikan harapannya agar seluruh perangkat daerah dapat menjalankan amanah dan harapan KPK .

Selanjutnya Gubernur meminta masukan terkait dengan rendahnya Fiskal Daerah sehingga untuk bisa mewujudkan Visi dan Misi Tentang Percepatan Pembangunan Infrastruktur Strategis , Daerah kedepan akan melakukan pembangunan Infrastruktur dengan peningkatan Fiskal Daerah , sehingga Gubernur meminta KPK dapat mendorong agar daerah penghasil dapat diberikan DBH yang lebih untuk menambah Fiskal Daerah Penghasil .

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan.

(Husni Sese)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *