oleh

DLH Jeneponto Adakan Sosialisasi Dan Pembentukan Bank Sampah Di Bontoramba

Topikterkini.com-Jeneponto: Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto gencar membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk melaksanakan sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga dan pembentukan Bank Sampah.

Kali ini, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Bontoramba, Kecamatan Bontoramba mengadakan sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga dan pembentukan Bank Sampah di Aula Kantor Lurah Bontoramba, Kamis (2/9/2021).

Sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga dan pembentukan Bank Sampah yang dihadiri Kabid PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup, Abdul Rahmat Lili, SE sebagai narasumber, di buka secara resmi oleh Sekcam Bontoramba H. Mursalim, S.Sos.

Selain itu, kegiatan sosialisasi ini juga turut dihadiri Kepala KUA Kecamatan Bontoramba, Ketua LPK, Bhabinkantibmas, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Bontoramba serta perwakilan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan kader posyandu Kelurahan Bontoramba.

Dalam kesempatan itu Sekcam Bontoramba, H. Mursalim menghimbau kepada seluruh peserta sosialisasi agar dapat mengikuti acara ini dengan serius, sehingga nantinya bisa mendapat ilmu dan informasi yang bermanfaat dari narasumber, dan kemudian diterapkan di lingkungan rumah masing-masing.

“Sehingga nantinya tercipta lingkungan yang bersih, drainase yang tidak ada sampahnya, dimana sampah masyarakat terkelola dengan baik, maka otomatis akan terwujud lingkungan yang asri dan lestari,” himbau Mursalim.

Sementara Lurah Bontoramba, Hasbullah, S.Pd.I, SE, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan.

“Untuk saling mengingatkan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dari sampah dan terwujud lingkungan yang bersih dan berkelanjutan,” katanya.

Kabid PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup, Abdul Rahmat dalam paparan materinya menyampaikan pentingnya pengelolaan sampah sejak dari rumah (sumber).

“Sampah yang dipilah saat ini sudah bernilai ekonomi dan solusi inovatifnya adalah dengan membentuk Bank Sampah. Bank Sampah dapat mereduksi atau mengurangi jumlah timbulan sampah yang berserakan di lingkungan sekitar kita,” jelas Rahmat.

Usai acara sosialisasi ini dilaksanakan, dilanjutkan dengan pembentukan pengurus Bank Sampah. Sebagai Direktur Makkasang Sitaba, Sekertaris Sulham, Bendahara Nurhani, dan Nama Bank Sampah yang disepakati adalah “Bank Sampah Macanga”.

Kemudian diakhir acara Kabid PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup, Abdul Rahmat menyerahkan secara simbolis bantuan Buku Tabungan dan Karung kepada Lurah Bontoramba, Hasbullah didampingi pengurus Bank Sampah Macanga.

Laporan: Andi. Baso Pangerang WMG
Editor : Nasir Erank

Komentar

News Feed