oleh

Pengangkatan Plt Kades Baho Diduga Cacat Hukum

TOPIKTERKINI/NIAS UTARA-Sebagai Negara hukum, tatanan pemerintahan seharusnya dilakukan berdasarkan supremasi hukum, dengan demikian setiap perbuatan dan tindakan Pemerintah Daerah harus sejalan dengan hukum yang ada.

Pengangkatan Kepala Desa (Kades) Baho, Maskanat Harefa oleh Pemerintahan Nias Utara, sekira pada bulan April lalu diduga cacat hukum dan tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) RI No 43 tahun 2014 tentang peraturan dan pelaksanaan UU No 6 tahun 2014 pada pasal 55 berbunyi: ” dalam hal sisa masa jabatan kepala desa yang diberhentikan tidak lebih dari 1 tahun karena diberhentikan sebagaimana di maksud dalam pasal 54 ayat I huruf a dan huruf b serta ayat 2 huruf b, huruf c, huruf d, huruf f, dan huruf G, Bupati/Walikota mengangkat Pegawai Negeri Sipil dari pemerintahan daerah kabupaten/kota sebagai pejabat kepala desa sampai terpilihnya kepala desa yang baru.

Bahkan Maskanat Harefa telah diangkat menjadi Plt Kades Baho oleh Pemerintahan Kabupaten Nias Utara. Artinya, pengangkatan dan pelantikan Plt Kades Baho tersebut cacat hukum dan bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP),” ungkap salah seorang tokoh pemuda pemerhati Desa di Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara, Rabu, (5/10/2021).

Untuk itu kami minta kepada Pemda Nias Utara untuk mengambil sikap tegas dan memeriksa ulang berkas Plt Kades Baho yang ada di kantor Kecamatan Lotu, sehingga pengangkatan dan pelantikan Kades Baho tidak menjadi polemik yang berkepanjangan ditengah – tengah masyarakat Desa Baho,” pinta salah seorang masyarakat yang namanya engan untuk di sebut/publikasi.juga meminta kepada Bupati Nias Utara selaku atasan dari Camat Lotu untuk mencabut dan membatalkan surat keputusan (SK) Pengangkatan dan Pelantikan Kades Baho (Maskanat Harefa.Red), karena diduga cacat hukum. ”

Kami juga meminta kepada Pak Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu,S.Pd untuk mencabut dan membatalkan SK Pengangkatan Plt Kades Baho,” ujarnya.

Sebelumya, Topikterkini.com melalui panggilan Via Seluler, Senin, (3/10/2021), Camat Lotu, Bazatulo Zalukhu menjelaskan, proses Pengangkatan Plt Kades Baho benar telah dilaksanakan sesuai dengan peraturan Bupati. ” Tidak ada yang salah, ini sudah sesuai aturan, kami hanya terima perintah dari pimpinan tertinggi,” jelasnya. (JZ)

Komentar

News Feed