oleh

Kabag Ops Polres Buol Berikan Materi Kepada Peserta Sosialisasi Mitigasi Bencana di Mulat

Topikterkini.com.Buol – Kabag Ops Polres Buol, AKP Reky Moniung, SH., memberikan materi kepada peserta Sosialisasi, Edukasi dan Mitigasi Bencana bertempat di BPU Desa Mulat Kecamatan Bukal, Kamis (25/11/2021) pukul 10.00 WITA.

Sosialisasi yang diselenggarakan oleh BPBD Kabupaten Buol ini diikuti Pemerintah Desa, Lembaga Desa serta Masyarakat Desa Mulat dengan Narasumber Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Buol Sudarmin Karim, S.Sos, Kabag Ops Polres Buol AKP Reky PH. Moniung serta dari LPMS-KSDA Ismajaya bersama Arpan Panambang.

Mengawali kegiatan Kades Mulat menyampaikan himbauan kepada masyarakat serta memberikan gambaran mengenai kondisi Desa Mulat yang seringkali dilanda banjir, selanjutnya Kabid kesiapsiagaan menekankan prioritas pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten mengenai upaya pencegahan dan kesiapsiagaan masyarakat dalam mengatasi bencana yang terjadi.

Selain itu juga mensosialisasikan mengenai pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana), sementara itu Kabag Ops pada kesempatan ini menitik beratkan pada upaya masyarakat dalam menjaga Kamtibmas pada saat terjadi bencana, sebab jika terjadi kelalaian maka kerugian yang akan dialami oleh masyarakat.

Adapun dari pemerhati kebencanaan Ismajaya menyampaikan mengenai penyebab umum bencana berdasarkan jenisnya, khusus untuk Desa Mulat Ismajaya menekankan tentang kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir, dan juga Narasumber lainya Arpan Panambang menyoroti soal kesiapan pemerintah Desa dalam menghadapi bencana, sehingga menekankan kepada Pemerintah Desa menyiapkan regulasi terkait penanganan bencana berdasarkan kewenangannya termasuk memberikan dukungan anggaran pada penyiapan sumberdaya dalam penanganan darurat.

Sosialisasi diakhiri dengan diskusi dan tukar pengalaman antara narasumber dan masyarakat yang mengikuti kegiatan, rangkaian kegiatan berakhir sekitar pukul 12.00 WITA berlangsung lancar, tertib dan aman.

Laporan: Husni Sese

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed